Salah satu sudut di Viking Ship Museum.

Aktivitas
Dibanding wisata gondola yang romantis di Venesia, tur kanal (canaltours.dk) di Kopenhagen lebih didesain sebagai wahana keluarga. Penumpang akan diajak menghampiri ikon-ikon kota semacam Copenhagen Opera House dan Black Diamond Library. Di Naval Dockyard, jika beruntung, kita bisa melihat kapal pesiar keluarga kerajaan, Dannebrog, yang sudah beroperasi sejak 1932. Memasuki Nyhavn, kanal dari abad ke-17 yang dirancang Raja Christian V, penumpang akan melewati rumah-rumah tua berwarna pastel yang sebagian telah beralih fungsi menjadi kafe.

Kiri-kanan: Pemandu di Viking Ship Museum berbagi tips keselamatan sebelum tur kapal; menikmati daging asap di Torvehallerne.

Bagi petualang lidah, Torvehallerne adalah pasar makanan terbaik di kota ini. Tapi agar Anda tahu apa yang dimakan, ikuti tur dari Food Tours (foodtours.eu) yang akan memandu peserta mencicipi makanan modern dan tradisional. Berhubung trip ke daerah Skandinavia tak afdal tanpa menyapa bangsa Viking, sempatkan waktu untuk mampir ke Viking Ship Museum (vikingeskibsmuseet.dk). Selain mengupas sejarah kaum pelaut ganas yang menghuni Kopenhagen pada abad ke-10, Anda bisa menonton lokakarya pembuatan perahu dan berlayar di Roskilde Fjord layaknya sang legenda Viking, Ragnar Lothbrok.

Dipublikasikan perdana di majalah DestinAsian Indonesia edisi Januari/Februari 2015 (“Nordik Altruistik”)