Instalasi yang terinspirasi tradisi merangkai daun buatan Make A Scene, studio yang bermarkas di Mengwi, Bali. (Foto: Marco Prochazka/Make A Scene/John Hardy)

Saat Bali bersiap menyambut kembali turis asing, satu tempat di Seminyak menyiapkan kejutan menarik: pameran kriya berbahan dedaunan.

Pameran unik bertajuk Artisan By Nature ini dijadwalkan berlangsung dari 6 Oktober 2021-10 Januari 2022 di John Hardy Boutique & Gallery Seminyak. Seluruh koleksinya dibuat oleh Make a Scene (MAS), studio yang mengeksplorasi tradisi merangkai daun khas Bali. 

Ornamen dan aksesori busana berbahan daun yang dipamerkan di John Hardy Boutique & Gallery Seminyak. (Foto: Make A Scene/John Hardy)

Karya yang dipajang meliputi perhiasan, pernak-pernik, serta aksesori busana. Semuanya dibuat memakai teknik menganyam, melipat, dan merangkai daun yang diwariskan turun-temurun di kalangan warga Bali, seperti yang mereka praktikkan untuk menghasilkan penjor, canang, atau tipat.

Ini merupakan pertama kalinya MAS memamerkan perhiasan tubuh. Studio ini awalnya lebih dikenal sebagai produsen dekorasi desain semacam patung dan gapura, seperti yang terpajang di Desa Potato Head. Beberapa kreasi treatrikal ini juga akan dipajang di galeri John Hardy.  

Kiri-kanan: Perhiasan rambut kreasi Make A Scene. (Foto: Make A Scene/John Hardy); John Hardy Boutique & Gallery Seminyak yangdibuka pada awal 2020. (Foto: John Hardy)

John Hardy Boutique & Gallery Seminyak beralamat di Jalan Petitenget. Kompleks ini dibuka pada awal 2020, sebelum pandemi menjalar. Selain area galeri dan zona retail, tempat ini menampung Jamu Bar dan restoran The Kitchen yang digarap bersama Locavore.Cristian Rahadiansyah