Setelah menempuh perjalanan selama enam hari dari Bali, patung kaca Manusia Jawa akhirnya mendarat di Jakarta pada 2 Mei. Bersama lebih dari 150 karya seni kaca lainnya, patung ini akan dilelang dalam acara bertajuk Art for Aid pada 5 Mei di Jaguar Land Rover Showroom, Jakarta Selatan, kemudian dipamerkan di tempat yang sama dari 6-28 Mei.

Patung Manusia Jawa dibuat oleh seniman Ron Seivertson di Horizon Glassworks, Bali. Karya ini terinspirasi oleh penemuan monumental fosil Homo erectus oleh Eugène Dubois pada 1891 di daerah Trinil, Jawa Timur. Oleh sejumlah media, fosil manusia purba ini kemudian dijuluki “Manusia Jawa.”

Beberapa karya seni berbahan kaca buatan Ron Seivertson.

Keputusan membawa patung Manusia Jawa dari Bali ke Jakarta juga bertujuan mengingatkan publik akan penemuan Homo erectus tersebut. Menaiki Land Rover Discovery Generasi Kelima, Manusia Jawa dibawa melewati dan mengunjungi banyak tempat, antara lain Banyuwangi, Bromo, Ngawi, Solo, dan Pekalongan. Satu tempat penting lain yang juga disinggahinya ialah Sangiran, anggota Situs Warisan Dunia UNESCO, yang merupakan lokasi penemuan 50 fosil Meganthropus palaeo dan Homo erectus.

Menaiki Land Rover Discovery Generasi Kelima, patung Manusia Jawa menempuh perjalanan enam hari dari Bali ke Jakarta.

Lelang Manusia Jawa bersama karya seni kaca lainnya ditujukan untuk mendukung AidHub International (aidhub.org), sebuah organisasi nirlaba yang mengembangkan platform teknologi untuk membantu organisasi nirlaba lainnya dalam merencanakan, menerapkan, memantau, dan melaporkan program-program mereka. Lelang karya dimulai pada pukul 14 dan hanya bisa diikuti oleh tamu undangan, sementara pamerannya berlangsung terbuka.

Alamat lelang dan pameran: Jaguar Land Rover Showroom, Jl. Sultan Iskandar Muda 41, Jakarta Selatan, 021/7232-255; landrover.co.id.