Alice in Wonderland merupakan salah satu cerita fiksi paling terkenal di dunia. Sastra Inggris klasik karya Lewis Carroll yang telah diterjemahkan ke dalam hampir 175 bahasa tersebut menceritakan kisah gadis bernama Alice yang masuk ke dunia fantasi yang dihuni oleh makhluk-makhluk unik.

Kisah Alice’s Adventures in Wonderland ini telah mengilhami puluhan pertunjukan panggung dan film. Beberapa di antaranya adalah teater musikal Wonder.land (2015) karya Damon Albarn dan film Alice in Wonderland karya Tim Burton yang dibintangi Johnny Depp, Mia Wasikowska, dan Helena Bonham Carter.

Ingin mengajak pengunjung bertualang di dunia Alice, V&A Museum London berencana menggelar pameran Alice in Wonderland terbesar. Mengusung tema “Alice: Down the Rabbit Hole”, ekshibisi selama enam bulan penuh yang berlangsung pada 27 Juni 2020 hingga 10 Januari 2021 ini akan menampilkan semua hal tentang dunia Alice, mulai dari seni, film, pertunjukan, busana dan fotografi. Serta berbagai karakter imajinasi dari Alice, termasuk White Rabbit dari Jefferson Airplane.

Baca juga: Pameran Langka Andy Warhol di London; 7 Museum Atraktif di Dunia

Pameran ini juga akan menampilkan berbagai konsep seni dari adaptasi film Alice in Wonderland, termasuk kostum Alice in Wonderland (2011) dari produksi Royal Ballet dan menampilkan penari utamanya Zenaida Yanowsky yang berperan sebagai Queen of Hearts. Selain itu, ada juga konsep awal untuk adaptasi film Walt Disney pada 1951, serta ilustrasi asli milik Sir John Tenniel.

Menariknya lagi, V&A Museum London juga bakal menghadirkan aneka patung hingga koleksi pribadi milik penggemar sejati Alice in Wonderland. Untuk melengkapi pengalaman berkunjung, pihak museum telah menyiapkan fitur In-Utero VR.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi V&A Museum London.