Setelah beberapa negara membuka sejumlah perbatasan wilayahnya usai pandemi, sejumlah cara ditempuh untuk kembali memulihkan sektor pariwisata yang tengah lesu. Salah satunya adalah Oman. Pemerintah Oman akan membebaskan visa kunjungan untuk turis dari 103 negara, termasuk Indonesia.

Dengan skema baru ini, maka turis dari negara tertentu akan bisa berkunjung ke Oman tanpa harus mengurus visa kunjungan ataupun e-Visa yang berlaku selama 10 hari. Namun, untuk memperoleh bebas visa, Anda tetap diwajibkan untuk menunjukkan reservasi hotel selama di Oman, asuransi kesehatan, dan tiket pulang. Sampai berita ini diturunkan, masih belum ada informasi mendetail dari pihak terkait mengenai syarat-syarat ini.

Selain itu, turis juga harus melengkapi formulir pra-registrasi online sebelum keberangkatan dan menjalani tes PCR pada saat kedatangan dengan biaya sendiri (sekitar $65). Mereka juga harus mengunduh aplikasi pelacakan kontak, mengikuti tes PCR lagi setelah satu minggu karantina, dan memiliki asuransi kesehatan yang dapat menanggung setidaknya 30 hari perawatan Covid-19.

Baca juga: Rusia Terapkan e-Visa untuk Turis Indonesia

Sebelumnya, Oman mewajibkan turis asal Indonesia untuk mendaftar e-visa dan membayar sekitar Rp190.000 untuk bisa berkunjung ke negara yang terletak di jazirah Arab tersebut. Untuk memasuki Oman, pemegang paspor Indonesia harus mendaftar e-Visa Oman melalui situs web resmi dan nantinya turis akan mendapatkan Tourist Visit Visa 10D – Unsponsored.

Informasi selengkapnya, kunjungi visa-immitravel.com.