Malioboro Bebas Asap Rokok

Mulai Maret 2020, kawasan Malioboro bakal diubah menjadi area bebas asap rokok. (Foto: Unsplash/arialqadri)

Jika Anda perokok, siap-siap untuk berusaha lebih keras menahan keinginan untuk merokok saat berada di Malioboro. Pasalnya, mulai Maret 2020 mendatang, kawasan paling populer di Yogyakarta tersebut bakal diubah menjadi area bebas asap rokok.

Sampai saat ini, pemerintah Kota Yogyakarta terus melakukan persiapan yang dibutuhkan untuk mewujudkan aturan baru ini. Salah satunya adalah menyediakan area merokok, sehingga asap rokok tidak mengganggu wisatawan lainnya.

Hanya saja, area tersebut tidak diperbolehkan dibangun di sepanjang jalur pedestrian di Malioboro. Karena selain akan mengganggu akses wisatawan, keberadaan fasilitas tersebut juga tidak sesuai dengan aturan yang diterapkan pemerintah kota.

Baca juga: Tur Kopi di Jogja; Jogja Lautan Wayang

Nantinya, area merokok ini akan berada di luar ruangan dan dilengkapi dengan asbak, sehingga puntung rokok tidak dibuang sembarangan. Salah satu tempat usaha yang kini sudah memiliki area merokok adalah Malioboro Mall. Fasilitas ini berada di halaman depan pusat perbelanjaan dan bisa diakses dengan mudah oleh pengunjung Malioboro.

Pemerintah juga akan menyiapkan papan yang menyatakan bahwa Malioboro telah menjadi kawasan bebas rokok di sepanjang jalan. Bahkan, mereka juga janji bakal menyiapkan asbak agar pengunjung dapat mematikan rokoknya sebelum masuk ke Malioboro.

Comments