Awal November, Malaysia Airlines mengumumkan pembukaan rute Kuala Lumpur-Yogyakarta. (Foto: Samuel T)

Penerbangan internasional ke Yogyakarta bertambah. Awal November, Malaysia Airlines mengumumkan pembukaan rute Kuala Lumpur-Yogyakarta. Trayek baru ini dilayani perdana pada 2 November 2022.

Penerbangan ini tersedia dua kali per pekan: Rabu dan Minggu. Pesawat bertolak dari Bandara Internasional Kuala Lumpur pukul 17:40 dan mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo pukul 19:30. Sebaliknya, pesawat lepas landas dari Yogyakarta pukul 20:30 dan tiba di Kuala Lumpur pukul 00:15.

Rute Kuala Lumpur-Yogyakarta dioperasikan memakai armada B737-800 yang berkapasitas 160 penumpang, dengan konfigurasi 16 kursi bisnis dan 144 kursi ekonomi. Harga tiket PP ditawarkan mulai dari RM 1.255, sekitar Rp4,2 juta.

“Kami senang dapat memperluas konektivitas kami ke Indonesia, salah satu destinasi utama Malaysia Airlines. Operasional penerbangan kami ke Indonesia tumbuh positif, dengan kapasitas saat ini 70% dari level pra-pandemi,” ujar Captain Izham Ismail, Group CEO Malaysia Aviation Group, dalam siaran persnya.

Dengan kehadiran rute baru ini, Malaysia Airlines kini melayani total enam destinasi di Indonesia, yakni Jakarta, Bali, Surabaya, Medan, Pekanbaru, dan Yogyakarta. Peluncuran rute Kuala Lumpur-Yogyakarta juga memberikan opsi penerbangan “full-service” bagi penumpang. Sebelumnya, rute ini hanya dilayani oleh maskapai bujet AirAsia.