Mengikuti jejak Phuket Sandbox yang kembali mengizinkan kedatangan turis asing sejak 1 Juli silam, kini Koh Samui resmi mengumumkan bakal membuka kembali pintunya untuk turis asing pada 15 Juli mendatang. Aplikasi untuk Certificate of Entry (COE) di bawah program Samui Plus akan dibuka minggu ini untuk turis yang divaksinasi. Wisatawan internasional yang datang ke sini juga diizinkan melawat daerah lain di Thailand melalui Koh Samui.

Yuthasak Supasorn, selaku Gubernur Tourism Authority of Thailand (TAT), mengatakan tidak akan menunda lagi pembukaan kembali. Setiap penumpang yang bepergian ke Koh Samui harus mengisi pernyataan kesehatan pribadi secara daring dan harus mengikuti prosedur. Mereka wajib melakukan tiga tes RT-PCR secara total: setelah kedatangan, pada hari keenam atau ketujuh, dan sebelum berangkat ke provinsi lain.

Baca juga: Phuket Mulai Terima Turis Asing, Hotel Lansir Promo Liburan

Setibanya di Koh Samui, wisatawan tetap diharuskan untuk karantina selama tiga hari di fasilitas karantina lokal alternatif (ALQ) di salah satu dari sembilan properti bersertifikat di pulau itu, dengan total 254 kamar. Di hari keempat hingga ketujuh, mereka sudah dapat ke luar dari hotel namun tetap harus berada di Koh Samui di bawah pengawalan operator tur. Dari hari kedelapan hingga 14, mereka dapat memilih untuk pergi ke Koh Tao dan Koh Phangan untuk tur.

Setelah tinggal dua minggu penuh di daerah yang ditentukan, wisatawan dengan hasil negatif dapat bebas melakukan perjalanan ke provinsi lain secara nasional. Jika kondisi sudh memungkinkan, ada kemungkinan Koh Samui akan mengurangi kebijakan wajib tinggal dua minggu di pulau itu tetapi dengan syarat semua wisatawan bebas dari Covid-19 dalam 14 hari pertama. Selain Phuket dan Surat Thani, delapan wilayah lainnya yang akan kembali dibuka secara bertahap adalah Krabi, Phangnga, Chiang Mai, Chon Buri, Phetchaburi, Prachuap Khiri Khan, Buri Ram, dan Bangkok.