Jalur Pendakian Gunung Gede via Selabintana Ditutup

Aturan ini bakal diterapkan hingga akhir tahun.

Dalam beberapa tahun belakangan, wisata gunung kian diminati oleh wisatawan. Salah satunya adalah Gunung Gede. Namun, ada kabar yang cukup mengejutkan bagi pelancong yang berencana mengunjungi gunung yang berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango tersebut dalam waktu dekat.

Kunjungan wisatawan khusus pendakian Gunung Gede Pangrango melalui jalur Selabintana, Sukabumi, Jawa Barat resmi ditutup sementara hingga 31 Desember 2018. Penutupan jalur yang masih alami ini dilakukan karena sedang ada pembangunan sarana prasarana wisata di pintu masuk Kantor Resort Selabintana, Desa Perbawati, Sukabumi. Jika tidak ditutup, proyek ini dikhawatirkan bakal mengganggu keselamatan pendaki.

Selain itu, menurut Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP), pendaftaran wisatawan dari jalur Selabintana tersebut tidak terlalu banyak. Sehingga jalur para pendaki bisa dialihkan melalui pintu masuk di wilayah Kabupaten Cianjur yakni Gunung Putri dan Cibodas. Nantinya, kuota wisata khusus pendakian per hari yang mencapai 600 orang, akan dibagi sama rata: 300 dari Gunung Putri dan 300 dari Cibodas. Pihak Balai Besar TNGGP juga bekerja sama dengan sejumlah instansi dan lembaga untuk mengantisipasi adanya pendaki gunung yang masuk secara ilegal ke kawasan konservasi. katanya.

Informasi selengkapnya, kunjungi gedepangrango.org.

Comments