Selain konser, festival, dan pameran, ada beragam acara tahun ini yang terpengaruh pandemi Covid-19. Salah satunya adalah Grand Prix Formula 1. Pihak penyelenggara akhirnya resmi membatalkan Grand Prix F1 Azerbaijan, Singapura, dan Jepang.

“Akibat pandemi Covid-19, kami dan para promotor di Azerbaijan, Singapura dan Jepang telah memutuskan untuk membatalkan acara untuk musim 2020,” ujar pihak Grand Prix Formula 1 seperti yang dikutip dari pernyataan di situs web resmi mereka.

Selain itu, promotor GP Azerbaijan dan Singapura juga telah mempertimbangkan waktu yang diperlukan untuk membangun sirkuit di negara masing-masing. Pasalnya, kedua negara tersebut menggelar balapan di jalan raya, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangun sirkuit.

Sementara, Jepang masih menerapkan pembatasan perjalanan yang membuat seri balap di Sirkuit Suzuka tersebut juga tak memungkinkan untuk digelar. Sebelumnya, Jepang juga telah membatalkan Grand Prix MotoGP yang seharusnya berlangsung di Sirkuit Motegi pada 18 Oktober 2020.

Baca juga:  18 Acara Tengah Tahun yang Ditunda atau Dibatalkan

Bagi penonton yang sudah membeli tiket, tersedia dua opsi yang ditawarkan pihak F1, yakni mengajukan pengembalian dana atau menyimpan tiket untuk acara Grand Prix F1 tahun depan.

Awal Juni lalu, F1 juga telah membatalkan empat seri balap lainnya, yakni seri pembuka di Australia, Monako, Belanda, dan Perancis. Sehingga, menurut kalender balap Formula 1 musim 2020, GP Austria akan menjadi seri pembuka F1 musim 2020 pada 3-5 Juli 2020, kemudian dilanjutkan di Hungaria, Inggris, Spanyol, Belgia, dan Italia.

Informasi selengkapnya, kunjungi formula1.com.