Singapura, bersama New York, merupakan kota termahal di dunia 2022 menurut indeks Worldwide Cost of Living dari lembaga Economist Intelligence Unit. (Foto: YK)

Daftar kota dengan biaya hidup termahal di 2022 sudah dilansir. Menurut indeks Worldwide Cost of Living (WCOL), Singapura dan New York berduet di puncak tabel, menggeser Tel Aviv dari posisi pertama pada 2021.

WCOL disusun oleh Economist Intelligence Unit (EIU), lembaga riset yang berbasis di London. Indeks ini membandingkan harga 200 produk dan jasa di 172 kota. Datanya didapat dari survei yang dilakukan dua kali per tahun, Maret dan September.

Untuk indeks 2022, berita paling mengejutkan ialah tingginya biaya hidup New York. Ini merupakan kali pertama New York berada di puncak tabel. Penyebabnya, menurut EIU, adalah kombinasi menguatnya nilai dolar, tingginya tingkat pendapatan, serta naiknya inflasi.

Setelah Singapura dan New York, daftar kota termahal di dunia dihuni oleh Tel Aviv, Hong Kong, serta Los Angeles. Di dasar kelompok teratas, ada Kopenhagen dan Sydney. Berikut peringkat kota dengan biaya hidup termahal di 2022:

1. Singapura
1. New York (AS)
3. Tel Aviv (Israel)
4. Hong Kong
4. Los Angeles (AS)
6. Zurich (Swiss)
7. Jenewa (Swiss)
8. San Francisco (AS)
9. Paris (Prancis)
10. Kopenhagen (Denmark)
10. Sydney (Australia)

Pasar di Damaskus, kota dengan biaya hidup terendah di dunia pada 2022. (Foto: Mahmoud Sulaiman)

Beralih ke daftar kota termurah, komposisinya tak banyak berubah. Kelompok ini didominasi kota-kota di negara yang mengalami problem politik dan ekonomi, atau negara yang royal dalam memberikan subsidi.

Kota dengan biaya hidup termurah tahun ini ialah Damaskus, dibayangi oleh Tripoli. Keduanya rutin bersaing memegang titel kota termurah dalam indeks WCOL. Berikut daftar kota termurah 2022:

161. Colombo (Sri Lanka)
161. Bangalore (India)
161. Algiers (Aljazair)
164. Chennai (India)
165. Ahmedabad (India)
166. Almaty (Kazakhstan)
167. Karachi (Pakistan)
168. Tashkent (Uzbekistan)
169. Tunis (Tunisia)
170. Tehran (Iran)
171. Tripoli (Libya)
172. Damascus (Suriah)