Beragam cara ditempuh negara-negara di dunia guna meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Setelah sempat membatasi masuknya turis asing, kini Inggris resmi menerapkan sejumlah aturan baru, yakni membatasi pertemuan sosial dan memberlakukan jam malam baru yang akan berlangsung setidaknya enam bulan.

Regulasi baru ini mewajibkan restoran dan bar tutup pukul 22:00. Apabila melanggar, pemilik restoran dan bar akan dikenakan denda hingga £10.000 atau kehilangan izin operasi. Kebijakan ini juga berlaku di Skotlandia.

Selain itu, pertemuan sosial dalam ruangan terbatas untuk enam orang dan pesta pernikahan dibatasi hanya untuk 15 orang. Pekerja kantoran juga masih harus bekerja dari rumah.

Pemerintah juga masih mewajibkan penggunaan masker di ruang publik dalam ruangan dan di dalam transportasi publik. Jika tidak memakai masker, pelanggar akan didenda sebesar £200 dan dua kali lipat untuk setiap pelanggaran berikutnya.

Baca juga: New York Tidak Gelar Pesta Tahun Baru

Sampai berita ini diturunkan, Inggris telah mengonfirmasi 439.013 kasus Covid-19 yang mengakibatkan 42.001 kematian. Inggris telah berhasil menurunkan kurva pada Juli 2020, namun minggu lalu, telah terjadi gelombang kedua yang mengkonfirmasi hampir 5.000 kasus dalam satu hari.