Hotel Rasa Kerajaan Majapahit di Nusa Dua

the apurva kempinski bali, apurva baliArea taman dan kolam renang. Kolam renang utamanya memiliki panjang 60 meter. (Foto: Yohanes Sandy)

Februari 2019, Bali resmi kedatangan resor megah baru yang dikerek di kawasan Nusa Dua. Kempinski Hotel, jaringan hotel tertua di Eropa, merilis properti keduanya di Indonesia: The Apurva. Mengusung nama lengkap The Apurva Kempinski Bali, resor premium ini merupakan ejawantah dari ide desain ambisius arsitek-arsitek top Indonesia.

Resor kolosal ini desainnya mengadopsi elemen-elemen desain yang idenya dipetik dari era Kerajaan Majapahit hingga budaya Bali kuno. Menjejakkan kaki di lobi, tamu akan disambut dengan empat ukiran gebyok raksasa dengan tinggi mencapai delapan meter. Gebyok biasanya digunakan sebagai pembatas ruangan di zaman Kerajaan Majapahit. Untuk gebyok berukuran masif itu, The Apurva mempercayakan pembuatannya pada pengrajin di Jepara, Jawa Tengah. “Semuanya diukir langsung di Jepara dan dikerjakan oleh sekitar 600 pemahat,” ujar Danti Yuliandari, Direktur Pemasaran.

the apurva kempinski bali, apurva bali
Gebyok di lobi yang pengerjaannya melibatkan 600 pemahat di Jepara. (Foto: Yohanes Sandy)

Desain bangunan The Apurva ditangani oleh arsitek Indonesia, Budiman Hendropurnomo yang tergabung dengan firma desain asal Inggris, Corker Marshall. Untuk bangunan utamanya, Budiman mengadopsi desain sawah terasering khas Bali lengkap dengan sistem irigasi subak. Desainnya diwujudkan dengan struktur bangunan berudak lengkap dengan kolam-kolam. Membelah bangunan utama adalah 250 anak tangga yang menghubungkan lobi serta beberapa bagian hotel dengan area komunal di bawah bangunan utama. Tangga yang menjadi salah satu elemen desain utama di resor ini terinspirasi dari tangga di Pura Besakih.

Baca juga: Restoran Bawah Laut Pertama di Bali

the apurva kempinski bali, apurva bali
Lobi bergaya pendopo dengan langit-langit menjulang tinggi.

Lobi resor mengadopsi gaya pendopo khas Jawa dengan sisi-sisi terbuka menyajikan pemandangan Samudra Hindia. Atapnya yang menjulang tinggi menambah kesan kolosal hotel yang belum genap berusia setahun ini. Salah satu sentuhan menarik lain yang dapat ditemukan di area lobi adalah lantainya yang dilapisi batu granit Madagascar yang menciptakan efek menyala di titik-titik tertentu baik siang maupun malam hari. Interior yang cantik ini merupakan buah pemikiran dari desainer interior Rudi Dodo dari Trivium Design Group. Rudi dan timnya menghadirkan elemen-elemen Nusantara yang tersebar di area hotel mulai dari lobi hingga kamar.

the apurva kempinski bali, apurva bali
Akomodasi Cliff Private Pool Ocean Junior Suite dengan kolam renang privat. (Foto: Yohanes Sandy)

The Apurva menaungi 475 kamar dan suite serta sejumlah vila. Mayoritas kamar ditempatkan di dua gedung di samping kolam renang utama. Namun akomodasi terbaik tersaji di 76 unit Cliff Private Pool Ocean Junior Suite disebar di tubuh bangunan utama. Sesuai namanya, tiap suite dilengkapi dengan kolam renang privat yang dicetak menatap Samudra Hindia. Dengan luas mulai dari 100 meter persegi, tiap unitnya menyajikan ruang yang lapang dengan walk-in closet, kamar mandi terpisah, serta amenitas baku prima. Menariknya, tamu yang menginap di akomodasi tipe ini juga mendapatkan akses ke Cliff Lounge beserta kolam renangnya.

Baca juga: Menangkan Menginap Dua Malam di The Apurva Kempinski Bali

the apurva kempinski bali, apurva bali
Reef Beach Club, wadah kongko berarsitektur unik di Nusa Dua. Kolam renangnya memiliki panjang 42 meter!

Resor yang berdiri di lahan seluas 14 hektare ini menyuguhkan opsi gerai F&B yang komplet. Pala, restoran utama yang berada di hanya beberapa langkah dari kolam renang, mengusung konsep all-day dining dengan menu Indonesia dan internasional. Restoran ini juga dilengkapi dengan rooftop bar. Untuk sajian kuliner yang lebih distingtif, OKU hadir dengan pilihan hidangan Jepang kontemporer dari cabang pertamanya di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta. Oktober 2019, The Apurva meluncurkan Reef Beach Club, wadah kongko di tepi pantai lengkap dengan kolam renang sepanjang 42 meter. Reef menyajikan beragam koktail serta pilihan camilan sehat. Pada Desember 2019, The Apurva merilis Koral, restoran akuarium pertama di Pulau Dewata.

Guna mengakomodasi kebutuhan konvensi dan resepsi, The Apurva menawarkan ballroom tanpa pilar seluas 1.076 meter persegi, grand ballroom yang menyuguhkan pemandangan laut, serta kapel tepi pantai yang mengadopsi desain rumah Tongkonan khas Toraja. Fasilitas lain yang dapat ditemukan di dalam kompleks resor mencakup taman bermain anak, kolam renang sepanjang 60 meter, serta The Apurva Spa yang megah.

Jl. Raya Nusa Dua Selatan, Sawangan; 0361/209-2288; kempinski.com; doubles mulai dari Rp3.500.000.

Tags : Kempinski
Comments