Kesepakatan ini ditekan pada 12 November di Bali, bagian dari rangkaian pertemuan bisnis di tengah G20. (Foto: H. Gousse Airbus)

Garuda Indonesia dan Etihad Airways sepakat menambah jaringan rute dalam kemitraan codeshare. Kesepakatan ini ditekan pada 12 November di Bali, bagian dari
rangkaian pertemuan bisnis di tengah G20.

Etihad dan Garuda telah menjalin kerja sama codeshare sejak 2012. Lewat skema ini, penumpang Etihad bisa meneruskan penerbangan ke destinasi-destinasi di Indonesia menaiki Garuda, cukup dengan satu pemesanan tiket. Sebaliknya, penumpang Garuda bisa meneruskan penerbangan ke rute dalam jaringan Etihad via Abu Dhabi, juga dengan satu pemesanan tiket.

Kesepakatan di Bali pada tahun ini bertujuan menambah jaringan rute tersebut. Di Indonesia, destinasi tambahan yang tercakup antara lain Ambon, Biak, Gorontalo, Kendari, Lombok, dan Palu. Dari Abu Dhabi, destinasi tambahannya antara lain Chicago, New York, dan Washington.

“Dengan adanya perluasan kerja sama ini, kami berharap akan menjadi sebuah sinergi berkelanjutan yang mendalam antara Etihad dan Garuda dalam menjajaki berbagai potensi yang dapat meningkatkan upaya pemberian manfaat dan pengalaman bagi kedua pengguna jasa,” ujar Group CEO Etihad Aviation Group, Antonolado Neves, dalam siaran persnya.

Hingga 2022, Garuda telah memiliki kerja sama codeshare dengan 16 maskapai, contohnya Air France, ANA, China Airlines, Emirates, KLM, dan Turkish Airlines.