Pandemi belum berakhir. Beberapa negara masih siaga. Salah satunya adalah Filipina. Sejak akhir Desember 2020 silam, Filipina resmi melarang perjalanan dari dua puluh negara. Negara tersebut adalah Australia, Inggris, Kanada, Denmark, Prancis, Jerman, Hong Kong, Islandia, Irlandia, Israel, Italia, Jepang, Lebanon, Belanda, Singapura, Afrika Selatan, Korea Selatan, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

Keputusan ini dilakukan karena negara-negara tersebut telah melaporkan adanya jenis virus baru, yang awalnya diidentifikasi di Inggris. Filipina juga telah tergabung ke dalam daftar negara yang memutuskan untuk menutup atau membatasi akses ke perbatasan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga: Jejak Roma di Filipina

Dikutip dari CNN Filipina, pemerintah Filipina menyatakan bahwa jika virus baru ini terdeteksi di lebih banyak negara dalam waktu dekat, maka daftar negara yang dilarang memasuki Filipina akan terus bertambah. Larangan perjalanan ini diperkirakan akan berakhir pada 15 Januari 2021, namun hal ini mungkin saja berubah jika situasi di dunia tidak juga membaik.