Setelah hiatus sementara akibat pandemi, industri pelayaran kembali bersiap beroperasi. Namun, untuk memastikan kapal pesiar terbebas dari virus, setiap kapal pesiar wajib mendapatkan sertifikasi khusus yang menyatakan bebas dari Covid-19 atau penyakit menular lainnya.

Explorer Dream milik Genting Cruise Lines menjadi kapal pesiar pertama di dunia yang resmi menerima sertifikasi pencegahan infeksi untuk industri Maritim (The Certification in Infection Prevention for the Maritime industry/CIP-M) dari lembaga berkelas dunia, DNV GL. Sertifikasi ini mencakup peningkatan prosedur pengendalian infeksi penyakit menular, sistem untuk keselamatan serta kesehatan bagi tamu dan anggota kru kapal.

“Genting Cruise Lines akan terus menerapkan standar baru untuk armada dan industri maritim melalui sertifikasi CIP-M,” ujar Kent Zhu, Presiden Genting Cruise Lines, seperti yang dikutip dari siaran resmi yang diterima oleh DestinAsian Indonesia. “Kami juga melengkapi fasilitas seperti ventilasi untuk memastikan 100 persen ada udara segar di kapal,” lanjutnya.

Selain itu, mereka juga akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari mengecek suhu tubuh tamu saat berangkat dan ketika berlabuh, disinfeksi untuk kabin tamu serta area publik, serta menerapkan proses online check-in dan physichal distancing dengan mengurangi kapasitas di tempat-tempat tertentu. Bahkan, sesi makan prasmanan akan dilayani oleh kru yang mengenakan masker dan sarung tangan.

Usai raih sertifikasi tersebut, Explorer Dream langsung mengumumkan akan memulai kembali pelayarannya di Taiwan pada 26 Juli 2020. Pada perjalanan pertama usai pandemi, mereka menawarkan paket Taiwan Island-Hopping. Beberapa pilihan perjalanan sudah disiapkan. Misalnya, dua, tiga, dan empat malam ke pulau Penghu, Matsu dan Kinmen, serta Hualien di Taiwan.

Baca juga:  Mulai Agustus, Kapal Pesiar Kembali Melaut di Asia

”Sertifikasi CIP-M baru kami akan membantu operator kapal untuk memulihkan kepercayaan penumpang dan memulai kembali operasional begitu situasi memungkinkan,” ujar Cristina Saenz de Santa Maria, Manajer Regional Asia Tenggara, Pasifik & India, DNV GL – Maritime.

Informasi selengkapnya, kunjungi Dream Cruise Line.