even Seas Mariner mengarungi perairan Sydney. Pada 2024, kapal ini dijadwalkan mengelilingi dunia. (Foto: Ethan Rohloff Photography/ Regent Seven Seas)

Mahal dan lama, tur keliling dunia adalah mimpi muluk segelintir orang. Tapi peminatnya ternyata cukup banyak. Setidaknya 700 orang sudah memesannya—dalam waktu kurang dari tiga jam! 

Pada 14 Juli pukul 8.30, operator pesiar Regent Seven Seas Cruises mulai menjual paket mengitari bumi bertajuk 2024 World Cruise. Persis pukul 11:00, seluruh tiket ludes dibeli. Harganya bervariasi, dari $73.499 hingga $199.999 per orang (antara Rp1-3 miliar). 

Kabin tipe Grand Suite di Seven Seas Mariner, bahtera berkapasitas 700 penumpang. (Foto: LR. Stephen Beaudet/ Regent Seven Seas)

“Kami tahu 2024 World Cruise akan populer, tapi respons yang luar biasa ini melampaui semua ekspektasi,” ujar Jason Montague, CEO Regent Seven Seas Cruises, dalam siaran persnya.

Tur superlatif ini dijadwalkan bertolak dari Miami pada 6 Januari 2024. Selama hampir lima bulan, kapal akan mengarungi tiga samudra dan empat benua, sebelum mudik ke Miami pada 17 Mei. 

Kapal Seven Seas Mariner transit di Moorea, bagian dari Kepulauan French Polynesia. (Foto: Regent Seven Seas)

Untuk pesiar ini, pihak operator mengutus Seven Seas Mariner, bahtera kelas menengah dalam hal ukuran. Panjangnya 216 meter dan kapasitasnya hanya 350 kabin. Sebagai perbandingan, kapal pesiar terbesar saat ini mengangkut 2.759 kabin. 

Membaca itinerary tur, total 31 negara akan didatangi, contohnya Kolombia, Meksiko, Fiji, Selandia Baru, India, Mesir, serta Italia. Rencananya, Seven Seas Mariner juga berlabuh di Indonesia. Dalam pelayaran dari Australia menuju Malaysia, kapal akan transit di Taman Nasional Komodo, Bali, Surabaya, serta Semarang.Cristian Rahadiansyah