Kiri-kanan: Mano, si informan lucu yang lalu-lalang di lobi; area lobi yang dicetak lapang.

Teks dan foto oleh Karina Anandya

Lokasi
Pullman Bandung Grand Central berlokasi di Jalan Diponegoro No.27, salah satu jalan protokol yang sangat populer di Kota Kembang. Lokasinya yang cukup strategis—berseberangan langsung dengan Gedung Sate—membuat hotel bintang lima ini memiliki akses yang cukup mudah ke sejumlah tempat wisata dan pusat perbelanjaan, seperti Paris Van Java Mall dan Jalan Cihampelas hanya dengan 15 menit berkendara.

Desain
Pullman Bandung Grand Central mengusung desain modern klasik. Gedungnya menjulang setinggi 18 lantai dengan eksterior dibalut warna putih. Memasuki lobinya, tamu akan disambut dengan lantai marmer mengilap bernuansa hitam serta langit-langit yang dihiasi lampu berdesain menarik. Sofa-sofa nyaman juga disediakan di area resepsionis untuk tamu menunggu proses check-in maupun check-out. Interiornya dihiasi oleh karya seni memikat. Beberapa seniman lokal juga disewa untuk mempercantik interior hotel dengan sentuhan khas Jawa Barat autentik yang tersemat di setiap sudut hotel. Mulai dari relief-relief dinding burung merak yang ada di lobi, kamar, hingga dinding metal yang terinspirasi dari harmoni tarian merak pada dinding ballroom. “Seluruh furnitur yang ada di hotel betul-betul kami kurasi dan dipikirkan dengan baik,” ujar Ari Meilanny, Marketing Manager Pullman Bandung Grand Central & ibis Styles Bandung Grand Central. “Saat menginap, jangan lupa untuk mengambil foto di tangga ikonik yang ada di hotel ini,” lanjutnya.

Kiri-kanan: Interior Junior Suite; tangga Instagramable yang jadi spot favorit tamu.

Kamar
Pullman Bandung Grand Central memayungi 279 kamar dan suite. Namun karena masih harus membatasi okupansi hotel, tidak seluruh kamar hotel yang dibuka. Tiap kamar dihiasi dengan jendela setinggi langit-langit yang beberapa di antaranya menghadap ke Gedung Sate. Kesan simpel, elegan, dan rapi begitu terasa saat memasuki kamar. Seperti properti Pullman lainnya, kamar dan suite di hotel yang beroperasi di bawah jaringan Accor ini juga dilengkapi amenitas mumpuni. Sebut saja matras nyaman, mesin peracik kopi, televisi, serta koneksi internet nirkabel berkecepatan tinggi.

Kiri-kanan: Area kolam renang yang cukup untuk bersantai; Power Fitness di Pullman Bandung Grand Central punya peralatan olahraga yang lengkap.

Fasilitas
Saat memasuki lobi, tamu disambut oleh sebuah robot mungil yang bertugas untuk memberikan informasi bagi para tamu yang datang. “Kami menamakannya Mano,” ujar Hesty Eka Yuliantie, Public Relations Executive Pullman Bandung Grand Central & ibis Styles Bandung Grand Central. “Mano jadi informan favorit anak-anak, dan kerap diikuti saat ia sibuk lalu-lalang,” gelaknya.

Sebagai hotel pelesir dan bisnis, Pullman Bandung Grand Central punya fasilitas yang mumpuni. Mulai dari kolam renang hingga pusat kebugaran POWER FITNESS yang dilengkapi dengan wall climbing—fasilitas yang jarang ditemukan di hotel lainnya. Hotel ini juga nantinya akan menambahkan ruang spa dan salon. “Kami berusaha sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan tamu,” tutur Ari. Pullman Bandung Grand Central juga memiliki 21 ruang pertemuan serta ballroom berkapasitas 2.000 tamu yang dapat dimanfaatkan untuk ruang rapat maupun kenduri.

Kuliner
Sampai saat ini, hotel dengan interior artistik tersebut menawarkan dua gerai makan dan minum. Sadrasa Kitchen & Bar berstatus sebagai restoran utama menyuguhkan beragam hidangan Nusantara dan internasional. Hidangan Nusantaranya memiliki cita rasa yang cocok di lidah tamu lokal: berani bumbu. Salah satu yang wajib dicoba adalah sate Diponegoro. Sementara itu, bagi Anda yang mendambakan wadah kongko menarik, T-BOX Lounge yang terletak di sebelah lobi bisa menjadi pilihan. Lounge ini menawarkan beragam minuman dan kopi artisanal. Cocok untuk kongko di sore hari sebelum melanjutkan makan malam. Beberapa bulan ke depan, hotel ini juga akan membuka MAD COW Wine & Grill. Di sini, tamu bisa menikmati beragam steak serta wine sambil menyaksikan panorama kota Bandung.

Jl. Diponegoro No.27, Bandung; 022/8603-8888; pullman-bandung-grandcentral.com, Deluxe Room mulai dari Rp1.588.000 nett per malam per kamar termasuk sarapan untuk dua orang.