Checking In: Hard Rock Hotel Desaru Coast

Properti kedua Hard Rock Hotel di Malaysia. Lokasinya bersebelahan dengan salah satu taman bermain air terbesar di dunia.

hard rock hotel desaru coast, desaru coast malaysiaKolam renang menatap area Riverside di kompleks Desaru Coast.

Oleh Yohanes Sandy

Lokasi
Hard Rock Hotel kedua di Malaysia ini resmi dibuka pada 28 September 2019. Lokasinya di Desaru Coast, kompleks liburan dan hiburan baru di pesisir Negara Bagian Johor. Kawasan terpadu tersebut dapat dijangkau sekitar 55 menit berkendara dari Bandara Internasional Senai. Dari Indonesia, penerbangan langsung ke Senai dilayani oleh AirAsia dari Jakarta dan Surabaya. Hard Rock Hotel Desaru Coast bersemayam di kawasan pesisir, bertetangga dengan The Westin. Namun demikian, Hard Rock Hotel tidak memiliki pantai. Untuk menuju pantai, tamu dapat menggunakan shuttle atau berjalan kaki.

hard rock hotel desaru coast, desaru coast malaysia
Area lobi dengan patung gitar yang menjadi ikon Hard Rock.

Desain
Desain propertinya mengadopsi gaya simpel dan modern. Selayaknya resor pesisir, Hard Rock Hotel Desaru Coast didesain dengan banyak ruang terbuka guna memaksimalkan sirkulasi udara. Embusan angin pantai yang melimpah membuat penggunaan penyejuk ruangan di ruang-ruang publik dapat dieliminasi. Lazimnya properti Hard Rock, tiap sudut ruang dihiasi dengan memorabilia dari musisi-musisi dunia. Di lobi misalnya, tamu disambut dengan baju konser milik Marilyn Manson dan Elvis Presley. Selain memorabilia, sejumlah karya seni mulai dari patung, lukisan, hingga mural juga tersebar di ruang publik.

Sejalan dengan desain hotel secara keseluruhan, kamarnya pun mengusung desain yang simpel dan minimalis. Alih-alih menempelkan memorabilia atau poster musisi, dinding kamarnya dihiasi dengan mural berbentuk kupu-kupu karya seniman lokal. Mungkin, bagi mereka yang pernah menginap di properti Hard Rock lain, desain ini akan mengecewakan. Tapi bagi saya, desain ini cukup menyegarkan dan masih memiliki benang merah dengan desain hotel secara utuh.

hard rock hotel desaru coast, desaru coast malaysia
Kamar dengan dekorasi bernuansa cantik dan elegan.

Kamar
Hard Rock Hotel Desaru Coast mengoleksi 365 kamar dan suite yang dibagi dalam tujuh kategori. Tiap kamar dicetak lapang dengan balkon privat untuk bersantai. Tipe terendah, Superior, memiliki luas 42 meter persegi. Sementara tipe tertingginya, Rock Star Suite, dibangun dengan luas 226 meter persegi. Dalam tiap kamar disematkan matras nyaman Sleep Like a Rock khas Hard Rock, televisi 55 inci dengan sistem tata suara Bose, koneksi WiFi, alat peracik kopi dan teh, serta minibar.

Menariknya, Hard Rock Hotel Desaru Coast tak menyediakan air minum dalam kemasan di dalam kamar. Sebagai gantinya, disediakan botol isi ulang stainless steel yang dapat diisi di water station yang tersedia di setiap lantai. “Ini adalah langkah kami untuk lebih ramah lingkungan,” ujar Dale Hipps, Senior Vice President Hard Rock Hotels International saat ditemui di Desaru Coast. Selain itu, meski tak mengungkapkan tanggal pasti, Hard Rock Hotel seluruh dunia juga akan menggunakan botol besar untuk menampung toiletries di dalam kamar guna mereduksi sampah plastik.

Baca juga: 48 Jam di Penang; 4 Restoran Vegan di Asia Tenggara

hard rock hotel desaru coast, desaru coast malaysia
Restoran Sessions yang menyajikan hidangan prasmanan dan ala carte.

Kuliner
Tak seperti propertinya di Bali dan Penang, Hard Rock Hotel Desaru Coast tak dilengkapi dengan Hard Rock Café. Namun, tamu dijamin tak akan bosan dengan pilihan kuliner yang disajikan. Hard Rock Hotel Desaru Coast menawarkan empat gerai makan dan minum. Sessions didesain sebagai restoran utama yang menyajikan menu internasional dan khas Malaysia. Restoran ini berkapasitas 334 tempat duduk yang terbagi di dua area: indoor dan outdoor.

hard rock hotel desaru coast, desaru coast malaysia
The Elephant and The Butterfly, restoran dengan menu kuliner Meksiko dan Amerika. Di malam hari, tempat ini diubah menjadi tempat pesta dengan penampilan live music dan DJ.

Mereka yang mendambakan kuliner Amerika dan Meksiko, The Elephant and The Butterfly merupakan tempat yang ideal. Ketika mentari terbenam, tempat makan dengan akses langsung ke kolam renang tersebut bertransformasi menjadi sarang pesta dengan penampilan band hingga DJ. Bagi penggemar kopi, Hard Rock Hotel Desaru Coast memiliki kedai kopi modern Constant Grind serta GMT+8 yang berfungsi sebagai lobby bar.

hard rock hotel desaru coast, desaru coast malaysia
Kamar di Rock Spa, spa yang menawarkan sesi pijat atraktif.

Fasilitas
Sebagai resor bintang lima, Hard Rock Hotel Desaru Coast juga menghadirkan fasilitas-fasilitas yang mumpuni. Penginapan premium ini dilengkapi dengan satu kolam renang, pusat kebugaran 24 jam, serta Hard Rock Shop yang menjual suvenir khas Hard Rock. Untuk buah hati, tersedia Roxity Kids Club, tempat bermain anak berukuran lapang lengkap dengan taman bermain air versi mini. Fasilitas lain yang atraktif adalah Rock Spa yang menawarkan beragam perawatan bintang lima, termasuk sesi pijat diiringi musik pop maupun rok. 

Aktivitas
“Hard Rock Hotel Desaru Coast didesain untuk tamu keluarga dan bulan madu,” tutur Clinton Lovell, General Manager. Resor ini ideal untuk tamu yang membawa anak-anak. Pasalnya, lokasinya yang berada persis di sebelah Adventure Waterpark membuatnya memiliki akses langsung ke resor. “Dari hotel, tamu bisa langsung masuk lewat pintu khusus. Malah, pembelian tiket dapat dilakukan langsung ke hotel tanpa perlu ke loket di Adventure Waterpark,” jelas Clinton.

Adventure Waterpark adalah salah satu taman bermain terbesar di dunia dengan luas mencapai delapan hektare. Tempat rekreasi ini menawarkan banyak permainan menarik mulai dari seluncur kelas dunia hingga wahana penguras adrenalin. Namun, daya tarik utamanya adalah kolam ombak seluas 1,2 hektare—terbesar di Asia Tenggara.

hard rock hotel desaru coast, desaru coast malaysia
Lokasi Hard Rock Hotel Desaru Coast tepat berada di samping Adventure Waterpark.

Selain bermain di Adventure Waterpark, tamu juga dapat mengisi waktu dengan berkunjung ke pantai publik yang dilengkapi dengan aneka pilihan aktivitas air maupun pantai privat yang berada di area The Westin. Bagi penggemar golf, tersedia juga dua pilihan lapangan golf yang dirancang oleh dua pegolf dunia yang dioperasikan oleh The Els Club. Menariknya, seluruh tempat tersebut dapat dikunjungi dari hotel menggunakan shuttle.

Jl. Pantai 3, Desaru Coast, Bandar Penawar, Johor; +607/838-8888; hardrockhoteldesaru.com; doubles mulai dari Rp2.500.000 per malam. 

Untuk ulasan tentang hotel-hotel lain yang pernah kami kunjungi, klik di sini.

Tags : hard rock
Comments