Berbagai upaya telah dilakukan sejumlah negara untuk mengembalikan sektor pariwisata yang lumpuh akibat pandemi Covid-19. Salah satunya adalah Belgia. Guna meningkatkan pemasukan dari pariwisata domestik dan kestabilan ekonomi nasional, pemerintah Belgia mengumumkan akan memberikan tiket kereta gratis bagi seluruh penduduknya.

Tiket kereta ini akan berlaku mulai Juli hingga akhir Desember 2020 dan dapat digunakan di seluruh kota-kota di Belgia, mulai dari Brussels, Bruges, Ghent hingga Antwerp. Selain itu, pemerintah juga mengambil langkah-langkah lain termasuk memberikan voucher sebesar €300 yang dapat digunakan di restoran, museum, dan teater, serta sleuruh warga berhak mendapatkan perpanjangan cuti.

Baca juga: Luxembourg Gratiskan Transportasi Publik

Belgia mulai membuka perbatasan secara bertahap setelah penurunan kasus infeksi corona beberapa minggu terakhir. Pemerintah juga telah memulai fase ketiga dari langkah-langkah pelonggaran lockdown dengan membuka sebagian besar bisnis, termasuk kafe, restoran, dan bar—dengan sejumlah syarat. Selain itu, kapal-kapal wisata juga telah kembali beroperasi, serta hotel-hotel sudah mulai menerima reservasi.