Kasus Covid-19 melonjak, Kamboja terpaksa harus menutup sementara salah satu destinasi wisata paling populer, Angkor Wat. Berita ini diumumkan secara resmi oleh pemerintah setempat. Rencananya, Angkor Wat bakal ditutup selama dua minggu. Kebijakan ini menjadi langkah terbaru yang diberlakukan sejak Kamboja mulai mengalami lonjakan kasus Covid-19 sejak Februari silam.

Otoritas yang mengawasi kompleks Angkor Wat mengatakan bahwa mereka secara resmi menghentikan sementara kedatangan semua wisatawan untuk meminimalisir penyebaran virus. Semua pengunjung, baik lokal maupun asing, dilarang mengunjungi kuil tersebut hingga 20 April 2021. Kamboja saat ini telah mengizinkan turis internasional untuk datang ke negara itu, namun pengunjung tetap wajib menjalani karantina wajib sebelum bebas bepergian.

Sejak 20 Februari, pemerintah mengumumkan rencana penutupan sekolah umum, bioskop, bar, dan tempat hiburan di ibu kota, Phnom Penh. Penutupan kemudian diperpanjang di seluruh negeri untuk sekolah, pusat kebugaran, ruang konser, museum, dan tempat berkumpul lainnya.

Baca juga: 7 Tempat Memikat di Kamboja

Penggunaan masker masih diwajibkan di Phnom Penh, dan pada awal bulan ini, jam malam dua minggu mulai pukul delapan malam sampai jam lima pagi juga diberlakukan. Selain itu, pihak berwenang telah menerapkan hukuman pidana yang lebih ketat untuk pelanggaran protokol kesehatan ini.