Sebulan setelah menjadi maskapai penerbangan Asia pertama—dan salah satu dari empat maskapai penerbangan global—yang dianugerahi peringkat keamanan Covid-19 bintang lima dari Skytrax, All Nippon Airways kembali memperkenalkan inisiatif baru untuk mengurangi risiko penularan virus di permukaan di kabin pesawat. Bermitra dengan produsen interior pesawat Jamco Corporation, maskapai asal Jepang ini telah memperkenalkan pintu toilet hands-free pertama di dunia di dalam pesawat. Pintu inovatif ini sudah mulai diuji tahun lalu sebagai bagian dari inisiatif ANA Care Promise, dan resmi diluncurkan pada penerbangan domestik mulai 1 Mei 2021.

Shinichi Inoue, Senior Executive Vice President of Customer Experience Management and Planning, mengatakan bahwa pihaknya terus berinvestasi dalam pengembangan dan penerapan teknologi inovatif karena kesehatan dan keselamatan penumpang dan staf merupakan prioritas utama. “Pintu toilet hands-free adalah teknologi terbaru dari kami, dan kami akan terus mencari cara untuk membuat pengalaman perjalanan penumpang lebih aman dan nyaman,” lanjutnya.

Baca juga: AirAsia Indonesia Kembali Terapkan Bagasi Berbayar

Pintu toilet yang telah direnovasi memiliki kenop pengunci pintu dalam yang besar dan pegangan tambahan yang memungkinkan penumpang menggunakan siku untuk membuka kunci pintu. Papan tanda akan ditempatkan di dalam maupun di dekat toilet dengan instruksi yang jelas tentang bagaimana cara mengoperasikan fitur-fitur baru. Pintu toilet hands-free ini rencananya akan dipasang pada 11 pesawat Boeing 787-8, dua Boeing 787-9, dan delapan Boeing 777-200. Sampai saat ini, peluncuran awal difokuskan pada pesawat yang melayani rute domestik, namun ANA berharap dapat memperkenalkan sistem ini di seluruh armada.

Informasi selengkapnya, kunjungi ANA.