Efektif mulai dari 18 Mei 2021, AirAsia Indonesia resmi memberlakukan ketentuan bagasi berbayar untuk seluruh penerbangan domestik. Selain itu, opsi bagasi 25 kilogram tidak akan tersedia lagi mulai 18 Mei 2021, karena maskapai ini hanya akan menyediakan opsi 10 dan 15 kilogram saja. Mengutip dari AirAsia, alasan penerapan biaya bagasi ini adalah untuk merampingkan operasi layanan antara domestik dan internasional.

Namun bagi penumpang yang sudah membeli bagasi 25 kilogram sebelum 18 Mei 2021, maka tetap dapat melakukan check in dengan berat tersebut. Namun jika Anda sudah membeli bagasi 25 kilogram dan kemudian mengganti jadwal penerbangan setelah 18 Mei 2021, maka bagasi Anda tidak akan berlaku lagi.

Baca juga: Boeing 777-300ER Etihad Resmi Pensiun

Untuk bagasi 10 kilogram, AirAsia akan menetapkan biaya Rp40.000, sementara untuk bagasi 15 kilogram, pihak maskapai menerapkan biaya Rp50.000. Harga tersebut dapat dibeli pada pemesanan tiket hingga empat jam sebelum keberangkatan.

Pihak maskapai juga berharap keputusan tersebut bisa berjalan dengan baik, dan ke depannya AirAsia Indonesia juga bakal semakin menjaga keselamatan dan keamanan penumpang, serta kualitas pelayanan penerbangan. Selain itu, ketentuan ini diharapkan dapat terus memberikan kontribusi dalam dinamika iklim industri penerbangan yang positif dengan persaingan yang sehat.

Informasi selengkapnya, kunjungi AirAsia.