AirAsia kini meluncurkan rute anyar Penang-Bali. Rute ini mulai dilayani oleh AirAsia Malaysia pada 20 Oktober 2022. (Foto: Isabel Lee)

Usai membuka kembali penerbangan dari Kuala Lumpur ke Banda Aceh, Padang, dan Pekanbaru, AirAsia kini meluncurkan rute baru Penang-Bali. Rute ini akan dilayani oleh AirAsia Malaysia mulai 20 Oktober 2022.

Di tahap awal, penerbangan Penang-Bali tersedia dua kali per pekan, setiap Senin dan Kamis. Pesawat lepas landas dari Penang pukul 07:00 dan mendarat di Bali pukul 10:35. Untuk penerbangan sebaliknya, pesawat bertolak pukul 11:10 dan tiba pukul 14:30.

Dengan kehadiran trayek baru ini, AirAsia Malaysia memiliki total 10 rute ke Indonesia dari dua lokasi di Malaysia. Dari Kuala Lumpur, maskapai ini melayani penerbangan ke Jakarta, Bali, Medan, Makassar, Yogyakarta, Padang, Pekanbaru, dan Banda Aceh. Selain itu, ada rute dari Penang menuju Jakarta dan Bali.

“Indonesia adalah pasar inti bagi AirAsia dan kami senang dapat kembali meluncurkan empat rute baru, tambahan delapan penerbangan per minggu, dengan total 66 penerbangan setiap minggu ke bandara-bandara di Indonesia bulan ini,” ujar CEO AirAsia Malaysia, Riad Asmat, dalam siaran persnya.

Penambahan rute AirAsia ini merupakan berita bagus bagi pariwisata Indonesia dan Malaysia. Sebelum pandemi, Malaysia merupakan pemasok turis nomor satu ke Indonesia. Sebaliknya, Indonesia merupakan pemasok turis terbesar kedua bagi Malaysia.