Ada Apa di Art Jakarta 2019?

IMG_0073 SUOJURE 90X180 Mit Jai Inn, Untitled #TKTB-12, 2018, 200x120cm, oil on wooden board Imazu_Referencial
Salah satu karya Mit Jai Inn yang berjudul Untitled.

Pameran seni Art Jakarta 2019 bakal kembali digelar pada 30 Agustus-1 September 2019 di Jakarta Convention Center. Platform berkelas internasional yang mempertemukan pelaku dan penikmat seni hingga kolektor ini bakal hadir dengan dimensi baru seni Indonesia dan beragam kolaborasi menarik dengan galeri dan pelaku seni lokal maupun internasional. Sebanyak 70 galeri dari dalam dan luar negeri—mulai dari Singapura, Jepang, Malaysia, Inggris, hingga Rusia—akan ambil bagian dalam Art Jakarta tahun ini.  

Pelaku seni rupa Tom Tandio dipercaya menjadi Direktur Pameran yang akan bekerja sama dengan kurator Enin Supriyanto sebagai Direktur Artistik untuk Art Jakarta kali ini. 

Tahun ini, pameran seni pertama dan terbesar di Tanah Air yang dulu dikenal dengan Bazaar Art Jakarta tersebut ingin memperkenalkan identitas baru sebagai salah satu pusat seni rupa kontemporer di Asia, sekaligus mengukuhkan posisi Indonesia sebagai salah satu pilar penting dalam perkembangan seni rupa di Asia.

Sejak pertama kali diadakan, wadah premium tersebut selalu memiliki konten yang kuat untuk menarik minat para kolektor seni dan penggemar di Indonesia hingga Asia Pasifik. Hal itu terlihat dari meningkatnya jumlah peserta pameran dan pengunjung tiap tahunnya. Tahun lalu saja, Art Jakarta berhasil mendatangkan lebih dari 40.000 pengunjung. Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi peningkatan jumlah pengunjung, tahun ini lokasinya memang sengaja dipindahkan dari Pacific Place ke Jakarta Convention Center.

Baca juga: Artjog Rasa Baru; Pameran Terbaru teamLab di Jepang

Beberapa program yang telah dicanangkan agar pengunjung dapat menikmati seni dalam berbagai bentuk: Art Jakarta Gallery, Art Jakarta Spot, Art Jakarta X, Art Jakarta Play, Art Jakarta Scene, Art Jakarta Talk, hingga program lelang amal untuk mendukung Yayasan Mitra Museum Jakarta dan Happy Hearts Indonesia.

Selain itu, para seniman muda juga dapat berinteraksi langsung dengan seluruh pelaku dunia seni rupa dari dalam dan luar negeri di program ART_UNLTD yang merupakan kerja sama antara Art Jakarta 2019 dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Informasi selengkapnya, kunjungi Art Jakarta.

Comments