web analytics
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Acara Seru di Bulan Oktober 2024

The World of Ghibli di ArtScience Museum Singapura. (Foto: ArtScience Museum)

Beberapa bulan menjelang akhir tahun, semakin banyak acara menarik yang akan digelar, mengundang masyarakat untuk turut merasakan euforia yang dihadirkan.

Baik di Indonesia hingga luar negeri, mulai dari pameran seni hingga konser musik, berbagai acara akan berlangsung dalam waktu yang berdekatan.

DestinAsian Indonesia merangkum delapan acara menarik  yang bisa masuk dalam bucket-list Anda di Oktober 2024.

1. The World of Studio Ghibli, Singapura

ArtScience Museum akan membuka pameran terbesarnya yang bertajuk “The World of Studio Ghibli” mulai dari 4 Oktober 2024 hingga 2 Februari 2025. Pameran ini akan memenuhi setiap sudut dengan set teater, hingga instalasi dan kegiatan interaktif. Di sini, pengunjung berkesempatan untuk bertemu dengan karakter favorit dari 11 film ikonik garapan Studio Ghibli seperti My Neighbour Totoro, Kiki’s Delivery Service, Howl’s Moving Castle, dan Princess Mononoke.

ArtScience Museum juga menggelar beberapa pameran seru lainnya, tiketnya dijual dengan harga mulai dari S$24 (Rp286.000) hingga S$39 (Rp465.000).

Untuk informasi lengkapnya, kunjungi ArtScience Museum.

Baca Juga: Latina Brunch ala Sudestada Jakarta dan Chupacabras Bali

2. Ekshibisi View Finder Davy Linggar – ROH Projects Jakarta

Pameran View Finder by Davy Linggar di ROH Projectsm Jakarta. (Foto: ROH Jakarta)

ROH Projects yang bersemayam di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, kembali dengan edisi ekshibisi terbarunya, menggaet seniman ternama Davy Linggar dalam pameran bertajuk “View Finder“. Dalam pamerannya yang berlangsung pada 25 September – 27 Oktober 2024 ini, Linggar memamerkan lukisan-lukisan yang lahir selama perjalanan hidupnya, tersebar dalam instalasi epik karya Andra Matin. 

Pameran ini terbuka gratis untuk umum. Info lengkapnya, kunjungi ROH Project.

3. Art Jakarta
Art Jakarta akan hadir di pada 4-6 Oktober 2024 di tiga hall JIEXPO Kemayoran. Event seni ini menghadirkan 73 galeri dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura, Filipina, Korea Selatan, Tiongkok, Jepang, Taiwan, Australia, dan Rusia.

Tidak hanya itu, Art Jakarta juga menggandeng beberapa institusi dalam program kolaboratifnya AJX, mereka adalah ISI Denpasar, Lembaga Pembangunan Seni Visual Negara dari Malaysia, dan Eugene Museum dari Bali.

Informasi tiket dan acara, kunjungi artjakarta.com.

Baca Juga: Kolaborasi Kuliner Mewah The St.Regis Bali dan Chef Michelin Star

4. Jakarta Running Festival
Penggiat olahraga pasti tak asing dengan yang satu ini. Jakarta Running Festival 2024 akan berlangsung pada 12-13 Oktober 2024 mendatang. Kali ini, acara lari yang digelar oleh Kelompok Lari Anak Bangsa (KLAB) ini berkolaborasi dengan jenama sport ternama, Adidas. JRF 2024 membuka kategori 5K, 10K, Half Marathon, dan Marathon. Bagi anak-anak yang ingin berpartisipasi, tersedia kategori Kids Dash.

Rute JRF 2024 akan melintasi jalur-jalur ikonik di Jakarta. Selain berlari, peserta yang hadir dapat menyaksikan berbagai hiburan dan pameran di sekitar area perhelatan.

Info lengkapnya, kunjungi jakartarunningfestival.id

5. Kuta Beach Festival
Bergeser ke Bali, ada Kuta Beach Festival yang siap menyuguhkan pengunjung dengan berbagai kegiatan seni budaya, olahraga, serta gelaran oleh UMKM dan industri kreatif.

Festival ini akan berlangsung di Kuta, Bali pada 22-24 Oktober 2024.

Baca Juga: JW Marriott Buka Hotel Baru di Ho Chi Minh

6. Ubud Writers and Readers Festival

Ubud Writers & Readers Festival akan hadir pada 23-27 Oktober 2024. (Foto: Ubud Writers & Readers Festival)

Masih di Bali, Ubud Writers and Readers Festival 2024 mengundang para pegiat literasi dan penikmati buku untuk bergabung dalam diskusi bersama penulis-penulis ternama dari berbagai negara, di antaranya Dee Lestari, Seno Gumira Adjidarma, Ratih Kumala, Claire Kilroy dari Irlandia, Siang Lu dari Australia, Jack Edwards dari Inggris, dan masih banyak lagi.

Acara yang bertema “Satyam Vada Dharmam Chara” ini juga akan dimeriahkan oleh sederet seniman, di antaranya adalah Sal Priadi yang terkenal dengan lagu-lagunya yang penuh makna, Petra Sihombing, dan beberapa seniman lainnya.

Ubud Writers and Readers Festival akan berlangsung pada 23-27 Oktober 2024. Info lengkapnya, kunjungi ubudwritersfestival.com.

7. Surabaya International Jewelry Fair 
Di Surabaya, para jewelry enthusiasts akan diajak menjelajah pameran dagang perhiasan terbesar di Indonesia Timur: Surabaya International Jewelry Fair. Di sini, pengunjung dapat melihat berbagai pilihan emas, perak, berlian, dan perhiasan mewah lainnya dengan desain khas dan kekinian.

Perhelatan ini akan diselenggarakan pada 10-13 Oktober 2024 bertempat di Grand Ballroom Shangri-La Hotel, Surabaya.

8. Art Basel Paris

Art Basel Paris digelar di Grand Palais (Foto: Matthieu Croizier/Art Basel)

Art Basel Paris akan digelar pada 18 – 20 October 2024 di venue ikonik yang baru saja direnovasi, Grand Palais.

Dalam event ini, ada 194 galeri dari 42 negara yang ikut serta. Art Basel Paris akan memiliki tiga sektor eksibisi yaitu Galeri, Emergence (sebelumnya dikenal sebagai Galeries Emergentes), dan juga Premise.

Tak cuma dari Eropa, galeri dan artist dari Asia juga meramaikan pameran ini. Sebut saja Antenna Space dan Vitamin Creative Space dari China, Kayokoyuki dari Tokyo, Kukje Gallery dari Korea Selatan) dan juga ROH Project dari Jakarta, Indonesia.

Sedangkan galeri dan artist lainnya antara lain Vedovi Gallery, Ricard Nagy Ltd yang akan memboyong karya George Grosz, Egon Schiele, dan Christian Schad.

Selain itu, Art Basel juga mengumumkan kolaborasi mereka dengan brand fashion Miu Miu sebagai partner resmi Public Program. Di sini, Miu Miu akan menggelar proyek ambisius bertema Tales & Tellers di Palais d’lena.

Info lebih lengkap kunjungi artbasel.com (chs)

Show CommentsClose Comments

Leave a comment