web analytics
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Warna Paspor Paling Langka di Dunia?

Apa warna paspor paling langa di dunia? (Unsplash/Oxana Melis)

Imigrasi Indonesia baru saja mengganti desain dan warnanya. Dalam momen peluncurannya beberapa waktu lalu, Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim mengungkapkan bahwa dalam desain paspor terbaru ini, fitur keamanan juga ditingkatkan.

“Teknologi antipemalsuan dan melindungi pencurian blanko kosong. Ini adalah perjalanan panjang untuk meningkatkan kekuatan paspor baru Indonesia,” ucapnya.

Selain itu, warna paspor baru Indonesia juga berubah warna dari hijau ke merah. Warna merah sendiri bukanlah hal baru di dunia. Faktanya berdasar data Passport Index, paspor merah digunakan oleh banyak negara, termasuk Singapura yang saat ini memegang predikat paspor terkuat di dunia.

Baca Juga: Petualangan Kuliner Lintas Negara di Luxury Group Dining Series

Di dunia ini, warna paspor dibagi dalam empat warna utama yaitu merah, hijau, biru, dan hitam. Dengan warna dasar ini, banyak negara memilih berbagai turunan warnanya. Namun apa warna paspor yang paling langka atau jarang dipakai di dunia?

Mengutip berbagai sumber, sebenarnya tak ada aturan resmi soal ketentuan warna paspor. ICAO atau The International Civil Aviation Organization tak mengatur tentang warna sampulnya.

Sebaliknya, ICAO hanya menyarankan agar negara-negara menggunakan jenis huruf, ukuran, jenis, dan font tertentu untuk dokumen perjalanan ini. Selain itu mereka menggunakan juga menyarankan bahwa paspor sebaiknya terbuat dari bahan yang kuat namun fleksibel untuk mencegah kusut.

Warna-warna sampul paspor biasanya dipilih dari warna yang sederhana dan gelap. Hanya saja, banyak negara masih bersumber dari 4 warna dasar tersebut yaitu merah, hijau, biru, dan hitam.

Warna gelap dianggap memberikan kesan yang lebih resmi dan juga dianggap bisa menutupi kotoran dan keausan. Tapi apa warna yang langka atau paling jarang dipilih dan hanya dipakai oleh sedikit negara di dunia?

Baca Juga: Apa Saja yang Pengaruhi Kekuatan Paspor Suatu Negara?

Dilihat dari warnanya (meski berbeda shade), warna biru adalah yang paling popular dipakai banyak negara. Paspor bersampul biru dipakai oleh 84 negara di dunia, misalnya Argentina, Belarus, Kanada, Ukraina, Inggris, Amerika Serikat, Islandia, sampai Vietnam.

Di posisi kedua warna paspor yang banyak dipakai di dunia adalah merah. Paspor merah dipakai oleh 68 negara seperti Belgia, Kamboja, Republik Ceko, Belanda, Jerman, Prancis, Mongolia, Malaysia, Rusia, Swiss, Timor Leste, Turki. Di 2025, Indonesia akan menambah panjang daftar paspor merah ini.

Paspor hijau seperti paspor Indonesia saat ini dimiliki oleh 40 negara di dunia. Selain Indonesia, sampul hijau juga dimiliki oleh beberapa negara lain seperti Kamerun, Mesir, Makau, Meksiko, Vanuatu, Vatikan, dan lainnya.

Jadi, warna paspor apa yang paling langka di dunia? Tentu saja jawabannya adalah hitam. Paspor hitam ini hanya dimiliki oleh 7 negara saja, yaitu Angola, Kongo, Malawi, Selandia Baru, Palestina, Tajikistan, dan Trinidad – Tobago.

 

Show CommentsClose Comments

Leave a comment