web analytics
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Desain Paspor Baru Indonesia: Berwarna Merah dan Motif Wastra

 

Imigrasi Kemenkumham resmi meluncurkan desain baru Paspor Indonesia (foto: Instagram Ditjen Imigrasi)

Indonesia resmi punya desain paspor baru. Desain paspor baru Indonesia yang terbaru ini diluncurkan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di 17 Agustus 2024.

Warna paspor Indonesia yang terbaru ini akan berubah dari warna hijau tosca menjadi merah putih.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly menyebut bahwa paspor ini desain ini bertujuan untuk terus menjaga kebudayaan dan kekayaan bangsa dalam kebhinekaan. Selain itu, paspor ini juga  mencerminkan komitmen pemerintah untuk memperkuat identitas nasional dan menjaga kedaulatan.

“Paspor bukan hanya dok perjalanan tp juga cerminan identitas kebanggan jadi bangsa, kehadiran negara untuk perlindungan kebangsaan,” ucapnya.

“Desain baru ini diharapkan bisa meningkatkan kekuatan paspor Indonesia di mata dunia, dan meningkatkan kepercayaan diri pada pemegangnya.”

Baca Juga: 24 Daftar Warisan Dunia UNESCO Terbaru di 2024

Dalam paspor terbaru ini, selain warna yang berubah, di dalamnya juga ditambahkan dengan desain wastra Indonesia. Hanya saja, kata dia, dari 5.849 motif yang dimiliki Indonesia, yang dipakai dalam paspor hanya 33 motif.

 Teknologi Baru untuk Tingkatkan Kekuatan Paspor Indonesia

Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Silmy Karim menyebut bahwa perubahan desain paspor ini juga diikuti dengan perubahan teknologi yang ada di dalamnya.

“Banyak yang bilang daripada perubahan desain, lebih baik kekuatannya yang bertambah. Dalam konteks kekuatan, juga dipengaruhi oleh aspek security. Dan ini adalah sebuah perjalanan untuk memperkuat paspor Indonesia,” kata Silmy.

Baca Juga: Qatar Airways Sajikan Kaviar untuk Kelas Bisnis

Diungkapkannya, untuk bisa menambah kekuatan paspor Indonesia, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi yaitu fitur pengamanan paspor, ⁠keadaan keamanan dari negara penerbit paspor, perilaku warga negaranya di luar negeri, dan diplomasi antar negara. Untuk itu, dalam paspor terbaru ini juga ditambahkan teknologi untuk antipemalsuan sampai antipencurian blanko kosong.

“Dimulai dengan security, bertujuan untuk meningkatkan dokumen perjalanan, mengurangi risiko pemalsuan, dan memenuhi syarat dari ICAO (International Civil Aviation Asssociation) organisasi mengatur standar, agar paspor bisa lebih kuat dari sisi keamanannya.”

Implementasi teknologi keamanan terkini diharapkan bisa memberikan perlindungan maksimal kepada pemegangnya dan memperkuat kepercayaan dunia terhadap Indonesia.

Hanya saja, warga Indonesia harus bersabar untuk bisa mendapatkan desain paspor Indonesia terbaru ini. Silmy menyebut, paspor ini bisa mulai didapatkan pada 17 Agustus 2025.

 

Show CommentsClose Comments

Leave a comment