Seorang turis tampak sedang berfoto dengan pemandangan pantai Lingal yang memikat.

Pantai Lingal
Rute ke sini cukup menguras tenaga (dan kesabaran), tapi ganjarannya sepadan. Lingal adalah salah satu pantai pasir putih paling cantik dan paling sepi di Alor, dengan latar perbukitan yang fotogenik. Pesisir elok ini berlokasi di Alor Barat Daya. Anda bisa menjangkaunya dari Pelabuhan Kalabahi dengan waktu tempuh empat jam.

Mawar Laut Mali
Mawar bukan nama bunga, melainkan seekor dugong yang berkeliaran di Laut Mali, tak jauh dari bandara. Mamalia ini sebenarnya pemalu, karena itu butuh sedikit kesabaran untuk melihatnya, walau kadang ia iseng menghampiri perahu yang lewat. Satu yang penting diingat, jangan pernah menyentuh atau membelainya.

Beragam corak tenun ikat yang ada di Alor.

Tenun Ikat
Alor memiliki banyak tempat penghasil tenun, contohnya Pulau Pantar, Alor Barat Laut, Alor Selatan, Alor Barat Daya, dan Alor Timur. Walau mengadopsi teknik pembuatan serupa, tiap tempat memiliki motif khasnya masing-masing. Tenun ikat umumnya dibuat di pelataran rumah oleh kaum wanita.

Kampung Karangle
Banyak warga Alor masih menyandarkan hidupnya pada hasil laut, dan salah satu tempat untuk menyaksikan aktivitas para nelayan ialah Kampung Karangle. Permukiman ini berada di tepi Alor Timur, menghadap Timor Leste. Di pantai depan kampung menjulang ikon lokal bernama Batu Kapal, seonggok batu yang menyerupai kapal. Dari sini, teruskan perjalanan sejauh dua kilometer arah barat untuk menemukan Pantai Pigewa, segaris pasir putih yang dipagari dinding batu mirip gapura di salah satu sisinya.

Marlon Adang
Marlon lahir di Alor dan kini menetap di Desa Otvai, Alor Barat Laut. Berprofesi pemandu wisata sejak 1996, dia kerap disewa oleh turis, wartawan, serta peneliti dalam ekspedisi di Alor.