British Pullman, kereta yang melayani rute domestik di Inggris. (Foto: Belmond)

Eropa, tanah kelahiran kereta, masih melestarikan sejumlah kereta tua yang difungsikan sebagai kendaraan wisata. Mereka membawa turis dalam perjalanan nostalgia yang romantis. Interiornya didesain mewah dalam gaya klasik, sementara restorannya menyuguhkan aneka hidangan premium. Berikut lima contohnya di Eropa:

Kiri-kanan: Penumpang menaiki Venice Simplon-Orient Express; Kabin suite di Venice Simplon-Orient Express. (Foto: Belmond)

1. Venice Simplon-Orient Express
Orient Express, kereta mewah yang diluncurkan pada 1883, punya tempat khusus dalam sejarah wisata. Sepur ini menghubungkan kota-kota utama di Eropa, mengangkut tokoh-tokoh besar semacam Tolstoy dan Mata Hari, juga pernah tampil dalam sejumlah film, termasuk Murder on the Orient Express. Setelah pensiun, kereta ini dihidupkan kembali dengan nama Venice Simplon-Orient Express. Beberapa gerbong orisinal buatan 1920-an masih dipakai. Kemewahan art deco versi klasik dipertahankan. Untuk 2021, salah satu trayek yang ditawarkan ialah Venesia-Amsterdam dengan tiket mulai dari €2.920, sekitar Rp50 juta. 

2. Presidential Train
Kisahnya dimulai pada 1890 sebagai moda resmi Raja Portugal Dom Luis I. Setelah pensiun pada 1970 dan disimpan di National Railway Museum, kereta ini dihidupkan kembali sebagai kendaraan wisata. Presidential Train kini melayani rute domestik di Portugal. Paket perjalanan sehari dibanderol €750 (sekitar Rp12 juta) dengan rute Stasiun Sao Bento di Porto menuju Vesuvio. Untuk trip tiga hari, tujuan akhirnya ialah Douro Valley. 

Kereta wisata Royal Scotsman melintasi kawasan perbukitan Skotlandia. (Foto: Belmond)

3 Royal Scotsman
Skotlandia, negara seukuran Sumatera Utara, populer sebagai destinasi road trip. Tapi ada cara lain untuk mengarunginya: menaiki kereta luks Royal Scotsman, dengan tiket mulai dari $4.000, sekitar Rp56 juta. Sepur ini melayani rute ke lokasi-lokasi ikonis, termasuk Edinburg, Mount Stuart, Morar, dan Ballindalloch Castle. Beragam kegiatan ditawarkan di tiap titik transit itu, mulai dari hiking hingga golf. Magnet lain Royal Scotsman ialah dapurnya. Berniat menjadi restoran bintang lima di atas rel, kereta ini menyewa koki kondang Mark Tamburrini untuk meracik bahan-bahan masak dari utara Eropa. 

4 Gran Lujo
Kereta ini membelah Spanyol dari barat ke timur dengan durasi delapan hari dan tiket mulai dari €4.133, sekitar Rp70 juta. Bertolak dari Santiago de Compostela, Gran Lujo membawa 28 penumpang menuju San Sebastian, kota liburan keluarga Kerajaan Spanyol. Operatornya, Palace Trains, juga menawarkan beragam rute di Eropa Barat, contohnya Porto-Barcelona dan Seville-Lisbon. 

Kiri-kanan: Sesi makan di gerbong restoran British Pullman; Seorang prama British Pullman melayani tamu di Gerbong Vera. (Foto: Belmond)

5 British Pullman
Tiap gerbong memiliki nama berbeda dan didesain berbeda. Satu hal yang menyatukan mereka ialah karismanya. British Pullman membawa sensasi wisata kaum ningrat era 1920-an. Sepur mewah ini berbasis di Stasiun London Victoria dan melayani trip ke destinasi domestik di Inggris, termasuk Truro dan Penzance. Salah satu paket regulernya, The Golden Age of Travel, berlangsung selama sehari dengan tiket mulai dari £280, sekitar Rp5,3 juta.