Gunung Gede
Banyak pendaki kawakan yang menetap di Jabodetabek memulai “kariernya” di Gunung Gede. Menara alam setinggi 2.958 meter ini adalah bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Kita bisa menjangkaunya dengan mudah dari Jakarta, Bandung, Sukabumi, atau Bogor.

Pendaki umumnya memilih Jalur Cibodas. Kawasan Cibodas dilengkapi fasilitas wisata alam yang mumpuni. Kantor Balai Besar TNGGP juga berada disini, persisnya di sebelah Kebun Raya Cibodas.

Jalur pendakian yang lebih nyaman di Gunung Gede.

Dibutuhkan waktu sekitar enam jam untuk menggapai puncak Gunung Gede melalui Jalur Cibodas. Di sepanjang jalur, terdapat banyak titik menarik untuk melepas lelah, misalnya Telaga Biru dan Air Terjun Cibeureum. Mendekati puncak, kita bisa menyaksikan atraksi alam berupa kawah, kerucut Gunung Pangrango, serta panorama desa-desa disekitar TNGGP.

Menonton ritual matahari terbit adalah agenda utama pendaki di puncak Gunung Gede. Tapi sensasi gunung ini tidak berhenti di puncaknya. Dalam perjalanan menuruni gunung, kita akan menemukan Alun-alun Suryakencana yang dilapisi sabana dan ditumbuhi ribuan edelweiss. Di lembah ini, jika beruntung, kita juga bisa melihat elang Jawa berpatroli di antara awan.