5 Akomodasi Tenda Mewah

Akomodasi mewah tidak melulu harus gedung megah dengan amenities modern. Tenda pun bisa disulap menjadi akomodasi kelas kakap lengkap dengan spa, kuliner paripurna, dan staf yang cakap. Ini adalah salah satu cara terbaik berinteraksi dengan alam. Berikut lima akomodasi tenda mewah di dunia pilihan kita.

Four Seasons Tented Golden Triangle juga cocok untuk berbulan madu.

Oleh Christi Hang

Four Seasons Tented Golden Triangle
Terletak di Thailand bagian utara, resor ini menjual daya tarik gajah—selain akomodasi mewah tentunya. Di sini, tamu bisa mendapatkan pelatihan dasar tentang gajah serta memberi makan binatang raksasa tersebut. Lokasi di mana resor ini berada sering disebut sebagai Golden Triangle yakni pertemuan tiga negara sekaligus: Thailand, Myanmar, dan Laos. Sesuai dengan posisinya yang di dekat hutan, resor bintang lima ini dirancang bagi mereka yang mencintai alam dan petualangan. Mereka menawarkan berbagai opsi aktivitas outdoor seperti elephant trek, tur singkat ke Myanmar, mengamati burung, dan kelas memasak. Tentang interiornya tidak usah ditanya. Setiap tenda—seluas 54 meter persegi—dilengkapi dengan pendingin udara, bathtub batu buatan tangan, akses internet, dan teras kayu super luas lengkap dengan bak kayu untuk berendam air hangat sambil melihat panorama Myanmar, Laos, atau Sungai Ruak.

66-53/910-200; fourseasons.com/goldentriangle; doubles mulai dari $2.440 >>

Berendam air hangat di Clayoquot Wilderness Resort and Spa.

Clayoquot Wilderness Resort and Spa
Kehidupan di pedalaman ala koboi Amerika kadang menggoda untuk dicoba. Clayoquot Wilderness Resort and Spa yang terletak di dekat Torino, Pulau Vancouver menawarkan hal tersebut. Hanya dapat diakses melalui pesawat amfibi dan kapal cepat, Clayoquot menawarkan 20 tenda tanpa telepon dan TV. Meskipun minim peralatan komunikasi modern, resor ini dilengkapi dengan beberapa peralatan penjelajahan mumpuni guna mengeksplorasi lanskap yang masih perawan. Tersedia whale-watching suit, bot berkuda bergaya Barat, serta peralatan memancing masa kini di penginapan. Selain itu aktivitas outdoor pun ditawarkan mencakup menggembala kuda (spesialisasi resor tersebut), menjelajah alam liar, hiking, mendaki gunung, main kano, atau kayak di laut. Ada sesi pijat dan kelas yoga gratis menunggu tamu di penginapan setelah seharian beraktivitas dan bisa dilanjutkan dengan berendam air hangat atau menikmati amenities kamar meliputi lantai hangat dan kompor kayu untuk menambah kesan lawas.

1-888/333-5405; wildretreat.com; harga mulai dari $4.661 per orang untuk tiga malam >>

Properti Mahali Mzuri milik Richard Branson.

Mahali Mzuri
Great Migration adalah migrasi tahunan besar-besaran zebra, wildebeest, gazelle di Serengiti, Kenya dan merupakan salah satu fenomena alam terbesar yang pernah ada. Richard Branson menjembatani mereka yang ingin menyaksikannya secara langsung. Mahali Mzuri adalah properti terbaru konglomerat asal Inggris ini. Terdiri dari 12 tenda dengan daya tampung dua orang per unit, penginapan mewah ini terletak di bibir kawasan Motorogi Conversatory dan menghadap langsung ke area Olare Orok Conversatory yang juga merupakan jalur Great Migration. Tiap unit tenda berdiri di atas panggung dilengkapi kamar tidur berukuran luas, kamar mandi mewah, dan teras yang bisa digunakan untuk melihat kawanan binatang liar khas Afrika. Bagi yang menginginkan petualangan lebih, penginapan tersebut juga menyediakan walking safari, pengamatan binatang, dan jalan-jalan budaya ke desa suku Maasi.

44-208/600-0430; mahalimzuri.virgin.com; doubles mulai dari $590 >>

Whitepod cocok bagi mereka yang menyukai musim dingin.

Whitepod
Aktivitas berkemah tak hanya dilakukan di musim panas. Whitepod, terletak Pegunungan Alpen, di kaki gunung Dents-du-Midi, menawarkan kemah di atas salju. Lupakan tentang kekhawatiran bahwa dinginnya seperti tinggal di dalam igloo. Meskipun bentuknya menyerupai rumah sementara suku Inuit itu, properti ini jauh dari rasa dingin. Dalamnya hangat, lengkap dengan matras nyaman, kompor kayu, dan kamar mandi bergaya Skandinavia dengan aliran air diambil langsung dari sumber air panas alami. Meskipun fasilitasnya paripurna, tiap unit tenda seluas 40 meter persegi ini sangat ramah lingkungan. Terdapat 15 tenda berbentuk kubah di Whitepod. Selain pemandangan yang prima, penginapan ini juga menawarkan wisata ski lengkap dengan lift privat menuju titik peluncuran. Fasilitas lainnya yang bisa digunakan tamu adalah ruang steam, spa, sauna ala Finlandia maupun pemandian ala Jepang.

41-24/471-3838; whitepod.com; doubles mulai dari $430

Patagonia Camp di kala senja.

Patagonia Camp
Properti ini dirancang bagi mereka yang mencintai alam. Penginapan mewah di Cili ini terletak hanya selemparan batu dari ini Taman Nasional Torres del Paine. Memberikan kesempatan bagi para tamu untuk menikmati pemandangan indah serta mengeksplorasi taman nasional tersebut. Uniknya, Patagonia Camp dibangun “mengambang” sehingga tidak mengganggu tanaman-tanaman sekitar. Selain itu, dua buah mesin pengolah air limbah juga diberdayakan guna memastikan air buangannya aman bagi lingkungan. Mereka juga menggunakan alat-alat listrik ramah lingkungan. Namun, kenyamanan tak lantas dikorbankan. Patagonia Camp memiliki 18 gubuk yurt membaur dengan hutan di pinggir Danau Toro dan Paine Massif. Tiap unit berisi kamar tidur luas—dengan matras king-size atau double, kamar mandi luks, pemanas ruangan, dan furnitur buatan lokal. Untuk kulinernya, Patagonia Camp menyediakan sajian terbaik Cili seperti quicho (barbeku daging slow-roasted kambing Magellanic gaya Patagonia) dengan pilihan wine prima.

562/334-9255; patagoniacamp.com; doubles mulai dari $320 untuk masa tinggal dua malam

Comments