3 Amenity Kit Paling Ramah Lingkungan

Dalam beberapa waktu belakangan ini, kompetisi merawat alam tampak kian sengit. Ada banyak inisiatif ramah lingkungan yang telah dilakukan oleh sejumlah maskapai dunia. Mulai dari mereduksi bahan plastik untuk katering, membeli armada yang lebih hemat avtur, menerapkan sistem 3RC (Reduce, Reuse, Recycle and Compost), melakukan carbon offset, hingga meluncurkan amenity kit ramah lingkungan. untuk yang terkahir, sedikitnya sudah ada tiga maskapai yang menerapkannya.

Desain Windsor Amenity Kit Lufthansa untuk kabin kelas utama.

Lufthansa
Sejak awal 2018 silam, Lufthansa telah meluncurkan amenity kit yang lebih ramah lingkungan bagi penumpang kelas utama, bisnis, dan ekonomi premium mereka. Ketiga amenity kit tersebut didesain agar bisa digunakan kembali sebagai pouch, tas belanja, atau tempat alat mandi.

Untuk kelas utama, maskapai asal Jerman tersebut menggandeng Skysupply dalam merancang pouch Windsor Amenity Kit yang elegan. Mengantongi produk eksklusif dari La Prairie, amenitas yang hadir dengan dua desain tersebut dilengkapi dengan tali panjang sehingga bisa berfungsi sebagai clutch. Sedangkan amenity kit untuk kelas bisnis hadir dengan tiga varian. Reisenthel amenity kit rancangan Spiriant yang dilengkapi dengan produk L’Occitane ini juga dapat digunakan sebagai tempat kosmetik bahkan tas belanja.

Pada ekonomi premium, Lufthansa menyediakan amenitas dengan tema “Around the World” yang hadir dengan lima motif berbeda, yakni Eiffel Tower, Brandenburg Gate, Frankfurt Skyline, Statue of Liberty, dan Golden Gate Bridge. Semuanya dapat digunakan kembali menjadi tempat toiletries. lufthansa.com

Amenity kit Qatar Airways untuk penumpang pria.

Qatar Airways
Setelah Lufthansa, kali ini giliran Qatar Airways yang awal tahun ini resmi menghadirkan pouch yang dapat digunakan kembali untuk penumpang kelas bisnis dan kelas utama. Untuk amenity kit mereka, maskapai asal Doha tersebut kembali menggandeng desainer koper Bric’s serta produk perawatan kulit asal Italia, Castello Monte Vibiano Vecchio.  Kedua desain itu hadir dengan empat pilihan warna: hitam dan kuning untuk pria serta hitam dan merah untuk wanita.

Untuk penumpang wanita, Bric’s menghadirkan desain yang dilengkapi dengan tali panjang sehingga bisa berfungsi sebagai clutch. Sementara untuk pria, hadir dengan desain lebih simpel yang dapat digunakan kembali sebagai wash bag untuk menyimpan beragam perlengkapan pribadi. Untuk isinya, Qatar Airways memberikan produk-produk perawatan kulit, seperti lip balm, hydrating facial mist, dan krim anti-penuaan untuk kabin kelas bisnis. Sedangkan kabin kelas utama ada tambahan krim malam. Ada juga amenity standar yang disertakan di dalamnya seperti kaus kaki, penutup mata, penyumbat telinga, dan sisir. Amenity kit ini hadir di seluruh penerbangan jarak jauh. qatarairways.com

Desain unik Premium Kits untuk kelas ekonomi premium milik Virgin Atlantic.

Virgin Atlantic
Berbeda dengan dua pendahulunya, Virgin Atlantic bisa dibilang memiliki amenity kit yang paling ramah lingkungan. Pasalnya, untuk armada A350-1000 mereka, maskapai asal Australia ini telah menyiapkan amenitas Upper Class dan Premium Kits.

Untuk Upper Class, goodie bags ini terdiri dari sikat gigi bambu dari @Bambuubrush, pulpen, penyumbat telinga, lip balm, krim tangan dan pelembap wajah dari REN, kaus kaki, serta penutup mata. Sedangkan Premium Kits terdiri dari penutup mata, pulpen, dan sikat gigi bambu yang dikemas dalam tas berbentuk map kertas cokelat.

Pihak Virgin Atlantic menyebutkan bahwa mereka hanya menyediakan barang-barang yang dibutuhkan oleh penumpang. Selain itu, mereka juga menggunakan kertas daur ulang guna meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai. Diharapkan dengan kebijakan ini, mereka bisa mengurangi hingga 945 ton sampah plastik per tahun. virginatlantic.com

Comments