Dengan OTP 95,6%, Garuda Indonesia merebut gelar maskapai paling tepat waktu di 2022 versi AOG. (Foto: Farid S)

Terlambat terbang atau mendarat adalah salah satu problem klasik maskapai. Tapi setidaknya ada 20 maskapai yang memperlihatkan keseriusan untuk mengatasinya.

Lembaga analis penerbangan OAG baru saja melansir daftar maskapai paling tepat waktu. Daftar ini disusun berdasarkan analisis atas ketepatan waktu (OTP, on-time performance) 250 maskapai sepanjang 2022. Untuk memenuhi kriteria tepat waktu, jadwal lepas landas atau mendarat pesawat paling lambat meleset 15 menit.

Eurowings, maskapai bujet asal Jerman, berada di peringkat kedua daftar maskapai paling tepat waktu 2022. (Foto: Miguel Angel Sanz)

Sepanjang 2022, Garuda Indonesia bertengger di posisi pertama dengan OTP 95,6%. Ini prestasi tertinggi yang diraih Garuda. “Capaian ini membangkitkan optimisme kami untuk terus menghadirkan layanan penerbangan terbaik bagi masyarakat secara menyeluruh,” ujar Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, dalam siaran persnya.

Meski membanggakan, prestasi Garuda hadir dengan catatan. Pada 2022, maskapai pelat merah ini mengoperasikan hanya sekitar 25% penerbangannya dibandingkan 2019. Artinya, jumlah pesawat yang terbang dan rute yang dilayaninya lebih sedikit.

Emirates berada di peringkat 20 daftar maskapai paling tepat waktu 2022. (Foto: Tim Dennert)

Posisi kedua daftar maskapai paling tepat waktu dihuni oleh Safair asal Afrika Selatan. Peringkat berikutnya ditempati oleh Eurowings, disusul oleh Thai AirAsia dan Jeju Airlines. Seluruh maskapai ini mencatatkan OTP di atas 90%.

Dalam kelompok 20 besar, maskapai Asia (termasuk Timur-Tengah) paling dominan. Jumlahnya ada sembilan. Wakil terbanyak kedua berasal dari Amerika Latin. Satu-satunya wakil dari Amerika Serikat dalam daftar ini ialah Delta di peringkat 17.

Berikut daftar lengkap 20 maskapai paling tepat waktu di 2022:

1. Garuda Indonesia
2. Safair
3. Eurowings
4. Thai AirAsia
5. Jeju Airlines
6. All Nippon Airways
7. Japan Airlines
8. Copa Airlines
9. Iberia
10. LATAM Airlines Group
11. Azul Airlines
12. Sky Airline
13. Air Europa
14. Avianca
15. IndiGo
16. Thai Smile Airways
17. Delta Air Lines
18. Viva Air Colombia
19. Etihad Airways
20. Emirates