Tiap awal tahun, situs AirlineRatings.com selalu menerbitkan daftar maskapai paling aman di dunia. Proses audit yang berjalan sejak awal 2020 tersebut melibatkan lebih dari 385 perusahaan penerbangan dari seluruh dunia.

Penilaian Airline Ratings dilakukan oleh para ahli yang tergabung dalam sebuah tim. Poin-poin yang dinilai mulai dari usia armada yang masih beroperasi, catatan kecelakaan selama beberapa tahun terakhir, hingga hasil audit dari International Air Transport Association atau Asosiasi Transportasi Udara Internasional.

Baca juga: Emirates Perkenalkan Kelas Ekonomi Premium Baru

Berdasarkan penilaian ketat tersebut, Qantas kembali menduduki peringkat pertama sebagai maskapai teraman di dunia karena maskapai asal Australia yang telah berdiri selama 100 tahun tersebut memiliki catatan terbaik dalam hal operasi dan keselamatan, serta nyaris belum pernah mengalami kecelakaan. Selain itu, cara awak pesawat menangani insiden turut serta menentukan apakah maskapai tersebut aman atau tidak.

Sebelumnya, Qantas juga menyandang gelar maskapai teraman pada 2014-2017, lalu 2019-2020. Qantas juga dinilai mampu mempertahankan komitmen keselamatan dan inovasi selama 100 tahun mengudara. Airline Ratings menyoroti komitmen Qantas untuk melatih kembali pilot sebelum kembali ke layanan setelah puasa mengudara selama pandemi.

Di posisi kedua ditempati oleh Qatar Airways, kemudian diikuti oleh Air New Zealand, Singapore Airlines, dan Emirates di posisi tiga hingga lima. Berikut daftar lengkap 20 maskapai paling aman di dunia:

  1. Qantas
  2. Qatar Airways
  3. Air New Zealand
  4. Singapore Airlines
  5. Emirates
  6. EVA Air
  7. Etihad Airways
  8. Alaska Airlines
  9. Cathay Pacific Airways
  10. British Airways
  11. Virgin Australia/Virgin Atlantic
  12. Hawaiian Airlines
  13. Southwest Airlines
  14. Delta Air Lines
  15. American Airlines
  16. SAS
  17. Finnair
  18. Lufthansa
  19. KLM
  20. United Airlines

informasi selengkapnya, kunjungi Airline Ratings.