Festival Songkran adalah ajang untuk menyambut Tahun Baru Thailand. Biasanya acara ini digelar dari 13-15 April 2016. Dikenal juga dengan sebutan festival air, saat Songkran biasanya semua orang saling menyiram air sebagai simbol menghilangkan dosa-dosa terdahulu dan menyambut datangnya tahun baru dengan tubuh yang bersih. Uniknya, festival ini cukup populer di kalangan turis asal Indonesia.

Chiang Mai adalah tempat yang paling tepat untuk merayakan Songkran. Kota di sisi utara Thailand tersebut merupakan pusat perayaan Songkran. Tapi jika Anda hanya ingin menghabiskan waktu di Bangkok saja, Anda masih bisa mengikuti selebrasi Songkran yang meriah.

Bagi yang ingin merayakannya dengan biksu, datang saja ke kuil-kuil yang tersebar di seluruh kota seperti Wat Traimit, Wat Pho, maupun Wat Sangket. Di sini turis bisa terlibat tradisi lokal, seperti membasuh tangan biksu atau membasahi patung Buddha sebagai bentuk penghormatan. Datang pagi agar tidak tertinggal rangkaian upacaranya. Namun jika Anda lebih suka bermain pistol air dengan warga lokal dan turis lainnya, datang saja ke daerah Silom, Sukhumvit, atau Khao San. Di sini ribuan orang akan siap dengan senjatanya untuk membuat orang lain basah kuyup.

Jika Anda sudah pernah melakukan kedua aktivitas umum saat Songkran tersebut, tak ada salahnya mencoba dua hal menarik yang kami rekomendasikan selanjutnya.

Pesta di S2O Festival
Jika Jakarta memiliki ajang Djakarta Warehouse Project dan Singapura dengan ZookOut-nya, maka Bangkok punya S2O. Ajang musik EDM tahunan tersebut tahun ini memasuki episode keduanya dan akan menghadirkan sejumlah DJ kenamaan dunia, sebut saja Afrojack, Nicky Romero, dan Deorro. Festival bakal dilangsungkan di Show OC Oasis Arena pada 13-15 April dengan harga tiket mulai dari 1.800 baht. Karena ini termasuk festival Songkran, bersiaplah untuk basah kuyup. s2ofestival.com

Ikut pool party
Opsi ideal bagi mereka yang memilih untuk mendengarkan musik disko sambil menyesap koktail di kolam renang ketimbang berbasah-basahan di jalan raya. Ada banyak pilihan pool party yang ditawarkan, namun kami memilih tiga yang terbaik:

AmWet Aqua Songkran Pool Party
Lokasi: AmBar Bangkok (Four Points by Sheraton Bangkok)
13 April; pukul 12:00–21:00
Tiket masuk: 400 baht termasuk satu minuman.
Gratis masuk untuk perempuan sebelum pukul 15:00
Open bar dari pukul 13:00-14:00 dan harga spesial bir 100 baht sepanjang hari
Hiburan: DJ Yui Truluv, DJ Pepe, DJ Nemo Cools, DJ Dee Iris

Blast Pool Party
Lokasi: DoubleTree by Hilton Sukhumvit
2 April; pukul 14:00-20:00
Tiket masuk 400 baht termasuk satu minuman
Hiburan: musik tech house dan deep house oleh DJ Adiero dan DJ Nukier

Pool party di W Hotel Bangkok digadang-gadang sebagai yang terbaik.
Pool party di W Hotel Bangkok digadang-gadang sebagai yang terbaik.

Splash Away Pool Party
Lokasi: W Hotel Bangkok
13 April; pukul 13:00-20:00
Tiket masuk 700 baht (early bird) dan 900 baht (normal). Tiket sudah termasuk dua minuman gratis hingga pukul 15:00.
Disebut sebagai pool party terbaik di Bangkok, tahun ini W Bangkok menggandeng Kolour, ahlinya menyulap tempat publik menjadi sentra pesta musik EDM.
Hiburan: pesta akan dibuka oleh Music Curator W Bangkok, DJ Orawan, sebelum dilanjutkan penampilan sejumlah DJ dari Kolour. Acara ditutup dengan penampilan DJ Mr. Has yang juga menjabat sebagai Music Director untuk W Hotels Worldwide Asia Pasifik.