Menang lelang paket Discover Singapore, Anda bisa makan di Odette, lalu menikmati tur kuliner jalanan bersama koki Julien Royer. (Foto: Suasti Lye/World’s 50 Best)

Ada berkah di balik wabah. Sejumlah restoran elite dengan buku reservasi yang sulit ditembus akan menggelar lelang makan untuk amal, demi memulihkan bisnis akibat pandemi. Artinya, Anda bisa menyalip daftar antrean dengan prinsip “siapa kuat dia dapat”—tanpa merasa bersalah.   

Prakarsa bertajuk Bid for Recovery ini diotaki oleh William Reed Business Media, organisasi di balik ajang penghargaan World’s 50 Best Restaurants & Bars. Idenya simpel. Restoran dan bar dalam liga World’s 50 Best akan mendonasikan lebih dari 100 lot untuk dilelang kepada publik. Dana yang terkumpul akan disumbangkan kepada restoran dan bar independen yang terdampak pandemi.    

“Ini bukti nyata solidaritas dalam komunitas restoran internasional,” ujar William Drew dari World’s 50 Best. “Kini, kami meminta orang-orang yang mencintai restoran dan diberkati sumber daya berkecukupan untuk ambil bagian dalam lelang.” 

Restoran Steirereck di Wina melelang paket kombinasi wisata kuliner dengan tur helikopter. (Foto: Steirereck/World’s 50 Best)

Pada 16 Juni, Bid for Recovery melansir beberapa paket yang akan dilelang kepada publik. Total 18 restoran terpandang di 14 negara berpartisipasi dalam inisiatif ini, contohnya Florilège (Jepang), Central (Peru), Indian Accent (India), Hiša Franko (Slovenia), serta Atelier Crenn (Amerika Serikat).

Daya tarik lelang ini ialah variasi pengalamannya. Beberapa partisipan menggabungkan sensasi makan dengan aktivitas wisata—sesuatu yang tak ditawarkan di hari-hari normal mereka. Nobelhart & Schmutzig misalnya, menawarkan paket komplet “Eating, Drinking, Shopping & Clubbing” di Berlin. Sementara Steirereck memadukan wisata rasa dengan tur helikopter di Wina.

Tawaran yang juga menggiurkan datang dari Mirazur. Restoran terbaik 2019 ini menawarkan pengalaman “sehari bersama koki Mauro Colagreco.” Pemenang lelang akan dibawa mengunjungi kebun sayur Mirazur, bertemu pedagang ikan langganan, lalu menikmati makan siang bersama sang koki sekaligus mencicipi menu-menu anyar di laboratorium miliknya.

Dalam lelang Bid for Recovery, koki Virgilio Martínez menawarkan safari kuliner di Peru, termasuk tur ke Sacred Valley. (Foto: Jimena Agois/World’s 50 Best)

William Reed belum mengumumkan wakil dari Jakarta atau Bali dalam Bid for Recovery. Untuk sementara, tempat terdekat bagi pencinta kuliner Indonesia untuk menikmati tawaran mereka ialah Singapura. Jika sukses memenangkan lelang Discover Singapore, Anda bisa menikmati sesi makan di Odette dan Burnt Ends, sesi koktail di Atlas, serta tur makanan jalanan bersama koki Julien Royer. Paket empat hari ini sudah mencakup menginap di Marina Bay Sands dan Capella Singapore.  

Baca Juga: 12 Restoran Top Dunia Dibuka Kembali

Proses lelang Bid for Recovery akan dilakukan secara daring dari 3-12 Juli. Dana akan disalurkan melalui beberapa skema. Untuk donasi langsung, panitia akan mengalokasikan maksimum $5.000 untuk tiap restoran atau bar yang terdampak pandemi. Selain itu, dana akan disumbangkan kepada organisasi atau inisiatif nirlaba di bidang kuliner, contohnya Restaurant Reboot Relief Program, Eat Out Restaurant Relief Fund, serta Feed the Needy.  

Terobosan lain William Reed untuk menjaring dana ialah menerbitkan buku digital Home Comforts yang berisi kompilasi resep dari koki atau bartender kondang. Buku ini bisa diunduh mulai 1 Juli dengan kompensasi donasi minimum $10.Cristian Rahadiansyah