12 Foto Terbaik Sepanjang 2016

Foto-foto menggugah dan kaya narasi yang disajikan DestinAsian Indonesia sepanjang tahun.

Rotterdam
Patung The Destroyed City yang dipahat oleh seniman Ossip Zadkine guna mengenang serangan Hitler atas Rotterdam pada 1940. Setelah rontok dibom Nazi, Rotterdam dibangun kembali, tapi tidak dibangun ulang. Ia memilih menjadi metropolitan yang sepenuhnya modern. Foto oleh Donang Wahyu (instagram.com/visualculture). Tayang di artikel Tragedi Pangkal Inovasi di edisi Mei/Juni 2016. Baca selengkapnya di sini.

Maamigili
Di pelataran Pulau Maamigili, model dan aktris Kelly Tandiono berdiri di haluan dhoni, bahtera tradisional Maladewa yang kini lazim difungsikan sebagai dive boat. Foto oleh Jerry Aurum (jerryaurum.com). Tayang di artikel Maladewa Tanpa Koma di edisi Maret/April 2016. Baca selengkapnya di sini.

 

Palermo
Borgo Schirò, desa yang dibangun di zaman kekuasaan rezim fasis kemudian terbengkalai sejak 2000. Desa tua ini adalah satu dari sekitar 1.500 desa yang “raib” di Italia akibat ditinggalkan warganya, baik karena bencana ataupun urbanisasi. Foto oleh Bruno Zanzottera (parallelozero.com). Tayang di artikel Hantu Masa Silam diedisi Maret/April 2016. Baca selengkapnya di sini.

Jakarta
Suasana di kompleks Monumen Nasional. Merayakan ulang tahun Jakarta ke-489, DestinAsian Indonesia menampilkan esai foto bertema Ibu Kota dari mata seorang street photographer. Foto oleh Rian Afriadi (instagram.com/afriadirian). Tayang di artikel Balada Kota edisi Mei/Juni 2016. Baca selengkapnya di sini.

Berastagi
Dua ekor kuda sedang merumput di Berastagi, kota dataran tinggi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang merupakan destinasi tetirah yang populer bagi masyarakat Medan dan sekitarnya. Kuda-kuda di sini lazim difungsikan sebagai sarana rekreasi oleh turis. Foto oleh Michael Eko Hardianto (instagram.com/mikeeko). Tayang di The World in Pictures edisi Juli 2016. Baca selengkapnya di sini.

Hokkaido
Para pengunjung Asahiyama Zoo menyaksikan seekor anjing laut yang berenang melewati tabung penghubung akuarium. Kebun binatang yang menampung sekitar 800 satwa ini berlokasi di kota Asahikawa, Hokkaido, sisi utara Jepang. Foto oleh Irene Iskandar (ireneiskandar.com). Tayang di The World in Pictures edisi Agustus 2016. Baca selengkapnya di sini.

Krakow
Seorang turis cilik berkeliaran di Rynek Glowny,alun-alun Abad Pertengahan terluas di Eropa. Alun-alun ini adalah episentrum pariwisata Krakow, kota yang sedang merekah menjadi Silicon Valley versi Eropa Tengah. Foto oleh Muhammad Fadli (muhammadfadli.com). Tayang di artikel Kota Dua Masa di edisi September/Oktober 2016. Baca selengkapnya di sini

Churchill
Seekor beruang kutub remaja bersembunyi di kolong bus pengangkut turis yang lazim dijuluki Polar Rover.Setiap Oktober hingga November, kawanan beruang menyerbu kota Churchill guna mencari makan seraya menanti es terbentuk di habitat natural mereka. Foto oleh Alessandro Gandolfi (alessandrogandolfi.com). Tayang di artikel Tamu Tak Diundang di edisi November/Desember 2016. Baca selengkapnya di sini.

Comments