Panorama Pulau Bawah, Kepulauan Riau. Menurut BPS, sekitar 14% pulau di Indonesia berada di wilayah Kepri. (Foto: Bawah Reserve)

Kepulauan Riau pun dijuluki Bumi Segantang Lada, karena pulau-pulaunya memang bertaburan seperti lada, dari kawasan Anambas, Natuna, hingga Batam dan Bintan. Tapi, berapakah jumlah pulau di Kepri sebenarnya?

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Kepri mengoleksi 2.408 pulau—mewakili 14% total pulau di Indonesia. Dengan catatan ini, Kepri pun bertengger sebagai provinsi dengan pulau terbanyak di Indonesia.

Provinsi dengan jumlah pulau terbanyak kedua ialah Papua Barat. Pulaunya berjumlah hampir 2.000 buah, tersebar dari Raja Ampat, Teluk Cenderawasih, Teluk Bintuni, hingga Kaimana.

Di peringkat ketiga ada Maluku Utara (1.474 pulau), dibayangi oleh tetangganya, Maluku (1.422). Pulau-pulau di kedua provinsi ini berserakan dari Laut Halmahera hingga Laut Banda.

Untuk daftar provinsi dengan pulau paling sedikit, peringkat pertama dihuni oleh Jambi. Provinsi yang dibelah Sungai Batanghari ini mengoleksi hanya 19 pulau. Pesaing terdekatnya ialah Yogyakarta (23 pulau), Kalimantan Tengah (32), serta Bengkulu (47).Cristian Rahadiansyah