Panorama pesisir Malmo, Swedia. Walau ukurannya setara Sumatera, Swedia memiliki pulau terbanyak di dunia. (Foto: Karl Hornfeldt)

Dengan luas 1,9 juta kilometer persegi, Indonesia memegang gelar negara kepulauan terbesar di dunia. Akan tetapi, dalam hal jumlah pulau, Indonesia tidaklah berada di puncak klasemen.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia mengoleksi 17.504 pulau—terbanyak di ASEAN. Pesaing terdekatnya ialah Filipina yang terdiri dari 7.641 pulau.

Sementara di tingkat dunia, negara yang memiliki pulau terbanyak terkonsentrasi di belahan utara bumi. Eropa mendominasi, dibayangi oleh Amerika Utara.

Merujuk statistik, Swedia berada di posisi pertama. Negara Nordik ini luasnya cuma 450.000 kilometer persegi, sedikit lebih kecil dari Sumatera, tapi jumlahnya pulaunya 15 kali lipat Indonesia.

Baca Juga: Provinsi di Indonesia dengan pulau terbanyak

Negara dengan pulau terbanyak kedua ialah Norwegia (239.057 pulau), juga bagian dari kawasan Nordik. Peringkat berikutnya dihuni oleh Finlandia (178.947), disusul oleh Kanada (52.455) dan Amerika Serikat (18.617).Cristian Rahadiansyah