Kawasan Kota Tua Wina. Tahun ini, Ibu Kota Austria merebut gelar kota paling layak huni versi Global Liveability Index. (Foto: Sandro Gonzalez)

Wina berhasil merebut kembali gelar kota paling layak huni. Ibu Kota Austria ini berada di posisi puncak tabel Global Liveability Index 2022 garapan Economist Intelligence Unit (EIU). Ini merupakan gelar ketiga Wina dalam lima tahun terakhir.

EIU satu keluarga dengan majalah The Economist. Global Liveability Index garapannya meliputi 172 kota. Aspek yang dinilai antara lain kualitas keamanan, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dan lingkungan.

Kesuksesan Wina tahun ini adalah sebuah lompatan besar. Tahun lalu, kota ini bertengger di posisi ke-12. Menurut EIU, perubahan ini tak lepas dari pelonggaran “PPKM” dan terbukanya kembali aktivitas budaya dan hiburan.

“Stabilitas dan infrastruktur yang prima adalah daya tarik utama kota ini bagi penghuninya, didukung oleh perawatan kesehatan dan melimpahnya peluang untuk aktivitas budaya dan hiburan,” tulis EIU dalam laporannya.

Perairan Hauraki Gulf dengan latar Auckland. Dalam daftar kota layak huni, Auckland drop drastis dari peringkat satu ke ranking 34. (Foto: Matthew Buchanan)

Kondisi sebaliknya menimpa Auckland. Tahun lalu, kota di Selandia Baru ini berada di puncak klasemen. Tahun ini, ia terperosok ke ranking 34, salah satunya akibat lesunya kota terkait pembatasan bisnis dan aktivitas.

Kota-kota lain dengan PPKM yang ketat menderita nasib miris serupa. Osaka turun dari posisi dua ke posisi 10. Begitu pula kota-kota di Australia. Melbourne turun dua tingkat, sementara Adelaide, Perth, dan Brisbane terlempar dari tabel 10 besar.

Tahun ini, Eropa mendominasi. Dalam klasemen 10 besar, enam kota beralamat di Eropa. Menempel Wina ialah Kopenhagen dan Zurich. Amsterdam dan Frankfurt juga berhasil menembus grup elite ini.

Berikut 10 kota paling layak huni 2022 menurut Global Liveability Index:

1. Wina, Austria
2. Kopenhagen, Denmark
3. Poin sama: Zurich (Swiss) dan Calgary (Kanada)
5. Vancouver, Kanada
6. Jenewa, Swiss
7. Frankfurt, Jerman
8. Toronto, Kanada
9. Amsterdam, Belanda
10. Poin sama: Osaka (Jepang) & Melbourne (Australia)