10 Bandara Terbaik di Dunia 2020

Changi kembali berada di posisi puncak untuk yang kedelapan kalinya. (Foto: chuttersnap)

Sejak 1999, organisasi riset khusus penerbangan, Skytrax rutin merilis daftar bandara terbaik di dunia yang termaktub dalam ajang World Airport Awards. Penilaiannya berdasarkan pada pengalaman para penumpang mulai dari proses check-in, sistem imigrasi, kebersihan, hingga fasilitas hiburan.

Menurut Skytrax, penumpang dari lebih dari 100 negara berpartisipasi dalam survei yang berlangsung dari September 2019 hingga Februari 2020 ini. Penghargaan ini awalnya akan digelar di Passenger Terminal EXPO yang digelar di Paris pada April kemarin. Namun, acara tersebut harus ditunda karena Covid-19.

Baca juga: Daftar Maskapai yang Kembali Beroperasi Juni 2020

Meskipun selama pandemi corona membuat sebagian bandara di dunia sepi dari hiruk pikuk wisatawan, namun, Bandara Internasional Changi Singapura kembali berhasil mempertahankan statusnya sebagai bandara terbaik di dunia. Changi juga sukses mencetak rekor sejarah dengan berada di posisi puncak selama delapan tahun berturut-turut. Selain membawa pulang penghargaan bandara terbaik, Changi juga menyabet gelar bandara dengan fasilitas terbaik.

Daftar tahun ini tak banyak berubah. Bandara-bandara di Asia masih mendominasi daftar 10 besar. Bandara Internasional Haneda Tokyo dan Bandara Internasional Hamad menduduki peringkat kedua dan ketiga. Mengekor di posisi keempat dan kelima adalah Bandara Internasional Incheon dan Bandara Internasional Munich.

Lalu, di mana posisi Bandara Internasional Soekarno-Hatta? Tahun ini, Soetta berhasil naik lima peringkat dan berada di urutan ke-35. Prestasi yang terbilang cukup baik, karena berada di atas Bandara Internasional Johannesburg dan Bandara Internasional Denver. Berikut 10 bandara terbaik di dunia berdasarkan pilihan jutaan penumpang pesawat di dunia:

  1. Bandara Internasional Changi (Singapura)
  2. Bandara Internasional Haneda Tokyo (Jepang)
  3. Bandara Internasional Hamad Doha (Qatar)
  4. Bandara Internasional Incheon (Korea Selatan)
  5. Bandara Internasional Munich (Jerman)
  6. Bandara Internasional Hong Kong (Hong Kong)
  7. Bandara Internasional Narita (Jepang)
  8. Bandara Internasional Central Jepang (Jepang)
  9. Bandara Internasional Schiphol Amsterdam (Belanda)
  10. Bandara Internasional Kansai (Jepang)

Informasi selengkapnya, kunjungi www.worldairportawards.com.

Tags : airline-news
Comments