Wisata Air di Bintan

Menawarkan beragam aktivitas olahraga air, mulai dari polo air hingga water walking ball.

Mencoba jet skiing di Banyan Tree Bintan.

Bintan, satu dari total 2.408 pulau yang menyusun Provinsi Kepulauan Riau, menawarkan aktivitas air yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari aktivitas yang bersifat santai hingga yang memacu adrenalin. Bermain air di sini lebih menyenangkan mengingat Bintan terletak di dekat garis khatulistiwa dan dibalut iklim tropis yang dominan. Destinasi liburan ini disinari matahari hampir sepanjang tahun dan bisa dikunjungi kapan saja.

Di tengah cuaca dan iklim yang cerah, olahraga air tentu merupakan kegiatan yang selalu menarik dicoba. Di Bintan Lagoon Resort, beberapa yang bisa dicoba adlah paddle boating, jet skiing, dan water walking ball (berjalan di dalam bola raksasa di permukaan air). Aktivitas air yang variatif juga tersedia di Club Med, contohnya polo air, aerobik air, voli pantai, snorkeling, serta menyelam.

Stand-Up Paddling di Nirwana Gardens.

Bagi mereka yang penasaran dengan kehidupan bawah laut tapi belum memiliki lisensi menyelam, cobalah sea walking, salah satunya di Nirwana Gardensyang telah meluncurkan UnderSea Walk pada awal tahun 2017. Aktivitas ini tidak membutuhkan pengalaman menyelam. Cukup mengenakan helm, Anda sudah bisa berjalan di dasar laut. Helm dalam UnderSea Walk didesain khusus untuk memudahkan penggunanya berjalan dan bernapas normal ketika mengagumi alam bawah laut Bintan yang kaya warna.

Meninggalkan dasar laut, Anda bisa melayang di udara dan menyaksikan hamparan Laut Cina Selatan melalui aktivitas paralayar yang juga ditawarkan oleh Nirwana Gardens. Kegiatan ini bisa dilakukan secara tandem atau solo. Apa pun pilihannya, Anda akan merasakan sensasi yang sama dalam tiap tahapannya, yakni perasaan mendebarkan saat lepas landas, lalu kedamaian ketika melayang-layang di atas lautan layaknya seekor elang.

Di pesisir utara Bintan Resorts, Treasure Bay adalah tempat yang sempurna untuk menikmati sinar surya dan serunya bermain air. Resor terintegrasi yang terhampar 338 hektare di tepi laut ini dihuni oleh The Canopi, kompleks berisi tenda-tenda safari ditambah berbagai fasilitas dan aktivitas. Salah satu magnet utamanya ialah Crystal Lagoon, laguna buatan seluas 6,3hektare—setara 50 kolam renang berstandar Olimpiade—yang berada persis di samping The Canopi. Laguna ini berisi air laut yang telah disaring untuk mencapai standar kejernihan tingkat tinggi—sebuah proses yang tak hanya mendukung upaya konservasi air, tapi juga menciptakan wadah aktivitas akuatik yang aman bagi anak-anak sepanjang tahun. Tak heran, Crystal Lagoon merupakan objek wisata keluarga yang populer di Bintan.

Jetovator di Crystal Lagoon juga dapat menjadi pilihan Anda yang selalu ingin mencoba hal baru.

Ada banyak kegiatan air di Crystal Lagoon. Anda bisa mencoba wakeboard, motor bebek bawah air, SUP (stand up paddle), ZOVB (berjalan di dalam bola raksasa di permukaan air), jet-ski, Jetovator (mesin bertenaga air yang bisa menerbangkan Anda), atau semata berenang santai di kolam turkuois yang cantik dan jernih. Melihat banyaknya opsi kegiatan tersebut, Anda dan keluarga sebaiknya menetap lebih dari satu malam di The Canopi agar punya cukup waktu untuk bersenang-senang di Crystal Lagoon.

Memancarkan ketenangan, Danau Lagoi adalah wadah yang sempurna untuk sesi yoga atau memancing. Danau buatan seluas 2,5 hektare ini berlokasi di samping Grand Lagoi Hotel, dan tamu yang menginap di sini akan mendapatkan sesi memancing gratis selama satu jam dengan ditemani oleh staf hotel. Hasil tangkapan dapat diserahkan kepada koki hotel untuk kemudian dimasak dan dihidangkan kepada Anda. Jika ingin kegiatan yang lebih energik, cobalah mengayuh duck boat di danau atau joging mengelilingi danau.

Selemparan batu dari Plaza Lagoi terdapat Lagoi Bay yang cocok bagi Anda yang ingin bersenang-senang di pantai. Lagoi Bay merupakan satu-satunya pantai di Bintan Resorts yang bisa diakses publik. Di sini, Anda bisa menyewa jet-ski, peralatan snorkelling dan menyelam, atau cukup bersantai di atas pasir putih dan menikmati hangatnya sinar mentari.

Bersantai di Lagoi Beach.

Tak jauh dari Terminal Feri Bandar Bentan Telani terdapat gerbang menuju area tur bakau yang dikelola oleh Mangrove Discovery Tour. Petualangan ini ditawarkan baik siang maupun malam hari. Di siang hari, tur akan membawa Anda menyusuri sungai untuk bertemu bermacam flora dan fauna, sekaligus mempelajari langsung tentang peran vital hutan bakau dalam melindungi pesisir dari abrasi dan erosi—dua hal yang mengancam banyak daerah pantai di Indonesia. Untuk tur malam hari, ekspedisi dimulai pada pukul 19:30 untuk mengantarkan Anda memasuki suasana yang lebih hening dan kehidupan hutan yang berbeda. Daya tarik utama dari tur malam adalah sekumpulan kunang-kunang yang terbang sporadis seraya memancarkan sinar di tengah gulita.

Di belahan timur Bintan terdapat Pantai Trikora yang terdiri dari empat pantai terpisah. Tiap pantainya memiliki daya tariknya masing-masing dan semuanya merupakan favorit warga lokal di akhir pekan. Di sini terpasang pondok-pondok aneka warna dan warung-warung camilan yang menambah kemeriahan suasana. Untuk atmosfer yang lebih privat, Trikora memiliki beberapa sudut sepi yang ideal untuk sesi bermalas-malasan di bawah mentari. Sementara untuk kegiatan air seperti snorkelling atau menyelam, Anda bisa menyeberang ke Pulau Beralas Pasir yang dibingkai pasir berwarna putih gading dan perairan biru jernih. Jangan lewatkan pula sesi menaiki kayak dengan lambung transparan dan ayunan di air dangkal yang sempurna untuk sesi foto.

Mangrove Discovery Tour.

Di Bintan, bermain air tak selalu berarti berkunjung ke pantai. Di kaki Gunung Bintan, menara alam setinggi 340 meter di tengah pulau, Anda bisa menemukan sebuah air terjun yang mencurahkan air sebening kristal ke kolam kecil. Masyarakat lokal percaya, berendam di bawah air terjun milik putri mitologis ini akan mendatangkan nasib mujur! Air terjun ini merupakan titik pemberhentian favorit para pendaki untuk menyegarkan diri usai menaklukkan puncak gunung, tetapi Anda juga dapat menggapainya cukup dengan berjalan sejauh 300 meter dari bawah. Momen terbaik untuk datang adalah musim hujan, atau persis sesudahnya, ketika debit air masih deras dan berlimpah. Sebelum mendaki, sebaiknya cari informasi dari staf resor atau pemandu lokal. Selamat bertualang!

Artikel ini merupakan kemitraan antara DestinAsian Indonesia dan Bintan.

Comments