Panduan Menjelajah Jewel of Changi

Oleh Samantha Francis

Pada 17 April 2019, Bandara Internasional Changi Singapura meresmikan Jewel of Changi, kompleks gaya hidup baru yang menaungi penginapan serta distrik kuliner dan belanja. Tak hanya itu, Jewel juga dilengkapi dengan taman tropis buatan berukuran masif lengkap dengan air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia. Kami berkunjung dan memetakan tempat-tempat menarik untuk dikunjungi:

rain vortex, jewel of changi
HSBC Rain Vortex, tempat paling fotogenik di Jewel of Changi. (Foto: Jewel Changi).

Tempat paling fotogenik
HSBC Rain Vortex merupakan tempat paling populer bagi pengunjung Jewel untuk memperkaya isi media sosial mereka. Bersarang di jantung Jewel, air terjun setinggi 40 meter tersebut menjulang cantik diperkaya dengan taman tropis yang dibangun di sekeliling Vortex. Saat malam tiba, pemandangannya pun semakin menarik dengan permainan lampu warna-warni dan efek suara magis. Moshe Safdie, sang desainer, memetik inspirasinya dari Avatar salah satu film terlaris sepanjang masa yang dirilis pada 2009.

Titik terbaik untuk melihat HSBC Rain Vortex tersebar di beberapa tempat, di antaranya adalah Shiseido Forest Valley dan Tiger Street Lab. Namun jika Anda ingin berfoto di depan air terjun tanpa gangguan banyak pengunjung, datang pada pertunjukan lampu terakhir yang digelar pada pukul 00:30. Atau jika Anda lebih sabar, pada 10 Juni 2019 Canopy Park akan dibuka kembali yang memungkinkan pengunjung untuk melihat air terjun tersebut lebih dekat dari posisi yang lebih tinggi.

makan jewel of changi
Kiri-kanan: Salah satu sajian khas Singapura di Violet Oon; Interior Violet Oon cabang Jewel. (Foto: Violet Oon)

Tempat kuliner lokal
Seperti di Terminal 3, Jewel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan kuliner lokal yang terjaga orisinalitasnya. Coba sajian Peranakan, Tiongkok, India, dan Melayu di Violet Oon Singapore. Cabang terbarunya ini masih akan tetap menyajikan hidangan autentik lokal, mulai dari sate hingga koktail yang terinspirasi cita rasa lokal. Tak hanya itu, ia juga menjual suvenir khas Singapura.

Song Fa Bak Kut Teh, warung sup babi legendaris yang beroperasi di pecinan Singapura sejak 1969 juga membuka cabangnya di lantai B2. Hidangan andalannya adalah sup babi dengan daging iga yang melimpah. Untuk pencinta nasi ayam, Pow Sing, kedai yang telah beroperasi sejak 1980-an, juga menghadirkan cabangnya di lantai B2.

Untuk opsi yang lebih praktis, Hawker menyediakan burger, roti lapis, dan hidangan pencuci mulut berbasis kuliner Singapura. Di restoran milik grup No Signboard Seafood Restaurants ini, pengunjung bisa mencicipi burger nasi lemak, sate, atau chili crab.

jewel of changi
Shake Shack di Jewel of Changi hadir dengan satu menu lokal. (Foto: Shake Shack)

Tempat makan burger terbaik
Antreannya panjang, namun setimpal dengan kepuasan didapat. Shake Shack Jewel merupakan cabang pertama gerai burger asal Amerika Serikat tersebut di Asia Tenggara. Bangunannya dipecah menjadi dua lantai dan menyediakan menu roti daging yang reputasinya mendunia. Di sini, pengunjung juga dapat mencoba Pandan Shake, menu minuman dengan kearifan lokal dengan bahan pandan, susu, dan gula Jawa. Selain di Shake Shack, burger dengan cita rasa terbaik juga dapat dicicipi di Burger & Lobster yang akan buka pada Mei 2019. Burger & Lobster merupakan restoran burger paling tersohor di London.

starbucks jewel of changi
Desain modern dari Starbucks Reserve terbesar di Singapura. (Foto: Starbucks)

Tempat untuk menikmati kopi
Jika Bali punya gerai Starbucks terbesar di Asia Tenggara, maka Jewel punya Starbucks Reserve terbesar di Singapura. Konstruksinya terdiri dari dua lantai kemudian interiornya dipercantik dengan material kayu dan kuningan. Dindingnya juga dilengkapi dengan mural kreasi seniman lokal. Untuk menunya, Starbucks menyediakan merek premium single-origin dan juga biji kopi langka.

Untuk kopi yang disajikan dengan gaya lokal, kunjungi Toast Box di lantai B2. Kedai yang beroperasi 24 jam tersebut menyajikan kopi khas kopitiam lengkap dengan pilihan roti bakar, ayam kari, dan lainnya. Untuk kopi hand-dripped, coba kunjungi Hoshino Coffee yang berada di lantai B1. Selain kopi, kedainya juga menawarkan sajian Jepang dan internasional halal.

Tags : Bandara
Comments