6 Restoran Favorit George Calombaris

George Calombaris, koki selebriti asal Australia.

George Calombaris menjabat juri MasterChef Australia dan pernah menulis lima buku masak. Reza Idris mencari tahu tempat makan favoritnya.

1. Kiki’s Tavern
Alasan? Tidak ada listrik, tidak ada telepon. Lokasinya terpencil dan tidak perlu berdandan formal saat berkunjung. Restoran cupet yang menatap pantai ini menyajikan masakan bergaya rumahan memakai bumbu-bumbu rahasia keluarga. Kokinya tidak tersohor, dan area makannya sangat sederhana, hanya menampilkan ornamen pohon besar dan dapur bergaya barbeku. Kita ke sini cuma untuk satu tujuan: menikmati masakan khas lokal. Agios Sostis, Mýkonos, Kikladhes, Yunani.

Sajian dengan presentasi menarik di The Fat Duck.

2. The Fat Duck
Alasan? Salah satu tempat terbaik untuk menikmati pengalaman makan yang berkesan. Datang ke Fat Duck bagaikan mengunjungi sebuah kuil kuliner. Kita tidak perlu pusing menyeleksi menu, melainkan cukup “terjun bebas” dalam ide-ide brilian sang koki. Heston Blumenthal menyajikan kuliner secara simpel, tapi dengan cita rasa yang tajam, misalnya menu es krim mustard dengan sup kol merah. Tiap menunya sulit dilupakan. High St, Bray, West Berkshire, Inggris; 44-16/2858-0333; thefatduck.co.uk.

Beragam pilihan gelato menggoda selera di Gelato Messina.

3. Gelato Messina
Alasan? Kedai sederhana yang menyajikan es krim berharga terjangkau, tapi punya menu yang paling variatif di Australia. Messina mengoleksi sekitar 40 jenis gelato artisan—luar biasa komplet dan inovatif. Rasanya beragam dan pilihan topping-nya unik. 164 Swan Street, Melbourne, Australia; 61-3/9428-6288; gelatomessina.com.

Dapur Burnts End.

4. Burnt Ends
Alasan? Koki David Pynt punya teknik memasak yang fantastis. Saya sudah dua kali datang, dan harus saya akui kualitas masakannya membaik. Dalam konteks Singapura, restoran ini sukses di banyak kategori. Penampilannya sederhana, suguhannya lezat dan memancarkan makna. Tiap menu di sini dimasak dengan teknik panggang. Salah satu hidangan yang memikat saya adalah daun bawang yang dipanggang dalam oven kayu hingga kulitnya menghitam, kemudian dikupas dan disajikan bersama taburan kacang hazel dan olesan mentega. 20 Teck Lim Road, Singapura; 65/6224-3933; burntends.com.sg.

Interior gelap namun artistik Veu du Monde.

5. Vue de Monde
Alasan? Salah satu restoran terbaik di Australia. Masakan koki Shannon Bennett sangat menarik dan dia mengutamakan bahan-bahan lokal. Di sini semuanya nyaris sempurna: interiornya, toiletnya, juga seragam stafnya. Vue de Monde memperhatikan detail dan tak memberi celah bagi cela. Rialto Bld. Level 55, 525 Collins Street, Melbourne, Australia; 61-3/9691-3888; vuedemonde.com.au.

Hidangan premium di The Grove Restaurant.

6. The Grove
Alasan? Tempat terbaik jika kita ingin menikmati menu-menu lokal Selandia Baru. Dapurnya dipimpin koki berbakat Benjamin Bayly, peraih titel koki terbaik dua tahun berturut-turut versi NZ Good Food Awards. Dia gemar bereksperimen dengan bahan tanpa menghilangkan rasa vorisinal bahan tersebut. Bagi saya, Ben adalah koki terbaik di seantero Selandia Baru. St. Patrick’s Square, 43 Wyndham Street, Auckland, Selandia Baru; 64-9/368-4129; thegroverestaurant.co.nz.

Dipublikasikan perdana di majalah DestinAsian Indonesia edisi November/Desember 2015 (“Juru Selera”).

Comments