4 Kedai Ramen Autentik di Jakarta

Empat restoran ramen di Jakarta dengan cita rasa autentik Jepang.

Restoran ramen kian menjamur di Jakarta. Untuk mencari tahu mana yang paling autentik menurut lidah orang Jepang, Reza Idris meminta rekomendasi dari Nobu Kato, CEO Vector, agensi humas di Jakarta.

Seirock-ya menyajikan menu halal.

Seirock-ya
“Di sini, Anda bisa menikmati ramen yang cita rasanya mirip sekali dengan di Jepang,” ujar Nobu. “Harga menunya cukup terjangkau dibandingkan restoran di mal.” Berbeda dari banyak restoran sejenis, Seirock-ya merupakan restoran ramen autentik pertama di Jakarta yang memiliki spesialisasi toripaitan, yakni ramen dengan kuah berbasis kaldu ayam. Dengan kata lain: menunya halal. “Anda harus mencoba toripaitan shoyu ramen,” saran Nobu. Jl. Radio Dalam 9, Gandaria Utara, Kebayoran Baru; 021/2912-6281; seirock-ya.asia.

Sebelum melebarkan sayap ke Jakarta, Bari Uma telah memiliki 60 gerai di Jepang.

Bari-Uma
Restoran ini mengoleksi sekitar 60 gerai di Jepang dan telah membuka cabangnya di sejumlah negara. April 2015, Bari-Uma hadir di Jakarta, dan Nobu Kato menyebutnya sebagai “tempat wajib bagi penggila ramen berbahan dasar babi.” Restoran ini menyajikan versi modern ramen tonkotsu. Kuahnya memakai bahan dasar tulang-tulang babi yang direbus berjam-jam. “Kuahnya memiliki rasa fantastis yang mengejutkan lidah,” tambah Nobu. Citywalk Sudirman Lt.1, Jl. KH. Mas Mansyur Kav.121; 021/2970-4018; bariuma.asia.

Lokasi Echigoya cukup tersembunyi, namun ramennya memiliki cita rasa mumpuni.

Echigoya
Letaknya cukup menyempil di kawasan Melawai: di dekat Golden Boutique Hotel dan pasar swalayan Papaya Fresh. Echigoya menampilkan interior nyaman yang didominasi warna cokelat. “Saya tidak pernah bosan makan di sini,” kata Nobu. “Ramen tipe standarnya sangat gurih, dilengkapi topping sayuran yang royal dan membuat ketagihan.” Saat menikmati ramen jenis ini, Nobu biasanya memilih tipe mi yang tebal. “Tampilan tipe standar mungkin tidak unik, tapi ramen jenis ini bisa dinikmati setiap hari tanpa merasa bosan.” Jl. Melawai 8 No. 2A, Blok M; 021/7395-962.

Selain Jakarta, Ippudo juga memiliki cabang di London dan Bangkok.

Ippudo
Salah satu merek waralaba yang paling ekspansif, Ippudo memiliki lebih dari 80 gerai di Jepang dan sekitar 40 cabang di dunia, mulai dari London, Taipei, Bangkok, hingga Sydney. Pendirinya, Shigemi Kawahara, adalah jawara kompetisi Ramen King 2005. Di Jakarta, Ippudo menyuguhkan ramen dengan empat tipe mi. Favorit Nobu adalah akamaru shinaji, ramen berisi irisan daging babi dan petis miso. “Ippudo cukup populer di Jepang,” ujarnya. “dan rasa menu cabang Jakarta tidak kalah dibandingkan di Jepang.” Pacific Place Lt.5, Jl. Jenderal Sudirman Kav.52-53; 021/5797-3339; ippudo.co.id.

Dipublikasikan perdana di majalah DestinAsian Indonesia edisi Januari/Februari 2016 (“Selera Sakura”).



Comments

Related Posts

94983 Views

Book your hotel

Book your flight