10 Patung Tertinggi di Dunia

patung tertinggi
Statue of Unity berhasil menjadi patung paling tinggi di dunia saat ini.

Tak hanya berlomba-lomba mendirikan gedung, hotel, hingga restoran tertinggi, namun kian banyak negara yang membangun monumen terjangkung di jagat. Selain menjadi destinasi wisata yang dapat menarik lebih banyak turis, patung-patung tersebut juga menyimpan cerita di balik pembangunannya. Berikut kami rangkum sepuluh patung tertinggi di dunia—tidak termasuk penyangga dan alas penyangganya:

Statue of Unity – India (182 meter)
Resmi dibukap 31 Oktober 2018, patung yang didedikasikan untuk Vallabhbhai “Sardar” Patel, merupakan pemimpin gerakan kemerdekaan sekaligus perdana menteri di India ini resmi menjadi patung terjangkung sejagat. Proyek megah senilai Rp6 triliun tersebut dibangun di tengah Pulau Sadhu, Gujarat yang dikelilingi sungai Narmada. Untuk menunjang amenitas para wisatawan, patung manusia besi ini dilengkapi dengan ruang observasi yang dapat menampung 200 pengunjung, ruang konferensi, fasilitas eskalator, hotel, hingga museum sejarah dunia. statueofunity.in.

patung tertinggi
Tahun ini, Spring Temple Buddha, sang juara bertahan sebagai patung tertinggi terpaksa harus turun di posisi dua.

Spring Temple Buddha – Tiongkok (128 meter)
Setelah satu dekade menjabat sebagai patung tertinggi sejagat, tahun ini, posisi Spring Temple Buddha terpaksa harus lengser ke peringkat dua. Berdiri sejak 2008, patung yang menggambarkan Buddha Vairocana ini terbuat dari 108 kilogram emas, 3.300 ton tembaga, dan 15.000 ton baja. Bersemayam di kawasan terpencil Fodushan Scenic Area, provinsi Henan, Tiongkok, yang berjarak dua jam dari kota Lushan. Setibanya di sana, pengunjung dapat memilih berjalan melewati dua buah tangga besar yang masing-masing memiliki 365 anak tangga, atau menggunakan bus mini berbayar yang siap mengantarkan pengunjung sampai puncak. springtemplebuddha.com.

patung tertinggi
Karena seluruh biaya pembangunan merupakan hasil dari sumbangan penduduk setempat, pembangunan Laykyun Sekkya membutuhkan waktu sekitar 12 tahun. (Foto: 123rf/Aliaksandr Mazurkevich)

Laykyun Sekkya – Myanmar (116 meter)
Dibangun selama kurang lebih 12 tahun, akhirnya pada 2008, Laykyun Sekkya resmi dibuka. Patung yang terletak di desa Khatakan Taung, Monywa ini terinspirasi dari Siddhartha Gautama, sang pendiri agama Buddha. Dicat dengan warna kuning yang memiliki simbol kebijaksanaan, seluruh biaya pembangunan merupakan hasil dari sumbangan penduduk setempat. Patung ini memiliki 27 lantai serta lift khusus. Di depannya terdapat patung Buddha berbaring yang dikelilingi oleh pohon Bodhi, yang dianggap sebagai pohon suci bagi umat Buddha.

patung tertinggi
Ushiku Daibutsu menjadi salah satu obyek wisata religi paling terkenal di Jepang. (Foto: Japan Travel)

Ushiku Daibutsu – Jepang (100 meter)
Dibangun pada 1993 untuk memperingati kelahiran Shinran, biksu yang hidup pada Zaman Kamakura, dan menjadi pendiri sekte Jodo Shinshu di Jepang. Diklaim sebagai patung perunggu tertinggi di dunia, Ushiku Daibutsu juga dikenal sebagai Ushiku ARCADIA (Amida’s Radiance and Compassion Actually Developing and Illuminating Area). Berdiri di Prefektur Ibaraki, patung setinggi 100 meter ini dibagi menjadi lima tingkat. Di sini, pengunjung juga dapat belajar tentang kitab suci sutra hingga khotbah Buddha. Selain itu, mereka juga dapat berkunjung ke dek observasi untuk menikmati pemandangan Tokyo Skytree dan Gunung Fuji dari kejauhan.

Baca juga: Patung Garuda Wisnu Kencana Resmi Dibuka50 Tahun Taman Ismail Marzuki

patung tertinggi
Seluruh badan patung Sendai Daikannon dicat warna putih sebagai simbol kesucian. (Foto: tohokuandtokyo)

Sendai Daikannon – Jepang (100 meter)
Merupakan patung Nyoirin Kannon (dalam Bahasa indonesia disebut Dewi Kwan Im) tertinggi di dunia, dan patung dewi tertinggi di Jepang, Sendai Daikannon berdiri kokoh di Sendai, Prefektur Miyagi. Menjadi salah satu destinasi religi di Negeri Sakura, patung yang selesai dibangun pada 1991 tersebut menggambarkan seorang dewi, dengan tangan kanan memegang permata pengabul permintaan, sedangkan tangan kirinya memegang air kebijaksanaan. Saat memasuki monumen, pengunjung dapat menemukan area kecil untuk berdoa dan membuat permohonan, serta 108 arca Buddha yang tersebar di dalamnya.

Comments