10 Kejadian Penting Dunia Travel 2013

DestinAsian IndonesiaFasad Rijksmuseum di Amsterdam, Belanda.

Dari pembukaan Museum ABBA hingga ekspansi Garuda, berikut 10 kejadian di tahun ini yang mengubah cara kita berwisata, menyusun agenda, dan menikmati dunia.

Oleh Tina Sindukusumo & Cristian R.

Fitur KLM Meet and Seat.

1. Cari teman/jodoh di udara
Sejumlah maskapai menginstal fitur social seating untuk memberi kesempatan bagi penumpang menggunakan preferensi personal untuk menyeleksi penumpang di dekatnya sebelum memilih kursi. Malaysia Airlines (malaysiaairlines.com) menyebut layanan tersebut MHbuddy, sedangkan KLM (klm.com) menjulukinya Meet & Seat. Maskapai lain yang memiliki layanan serupa adalah Finnair (finnair.com) dan airBaltic (airbaltic.com). Anda anti-sosial? Naik saja Air China (airchina.com), pilih Cabin Wi-Fi, lalu nikmati layanan in-flight video streaming.

Fasad Rijksmuseum di Amsterdam, Belanda.

2. Museum buka-tutup-buka
Setelah 10 tahun direnovasi dengan biaya sekitar $400 juta, Rijksmuseum (rijksmuseum.nl) di Amsterdam akhirnya dibuka kembali untuk umum. Tetangganya, Van Gogh Museum (vangoghmuseum.nl), juga dibuka kembali usai perombakan selama tujuh bulan. Dua museum lainnya yang dibuka tahun ini dan menuai atensi publik adalah The Museum of the History of Polish Jews (jewishmuseum.org.pl) di Warsawa, serta ABBA The Museum (abbathemuseum.com) di Stockholm.

Interior restoran Jamie’s Italian di Singapura.

3. Ekspansi koki selebriti 
Gordon Ramsey mendirikan Union Street Café (gordonramsay.com) di London, sementara Jamie Oliver meluncurkan Jamie’s Italian (jamieoliver.com/italian) di Singapura. Di Jakarta, hadir Salt Grill (saltgrillindonesia.com), kreasi pertama Luke Mangan di Indonesia.

Lobi Rimba Jimbaran yang dibangun menggunakan materi daur ulang.

4. Merek hotel anyar di Indonesia
Sofitel meluncurkan properti perdananya di Indonesia dengan nama Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort (sofitel.com). Sedangkan Mantra asal Australia memulai debutnya melalui Mantra Nusa Dua (mantranusadua.com). Sempat minggat dari Indonesia, Regent kembali menginjakkan kakinya dengan membuka Regent Bali Resort (regenthotels.com) di Sanur. Sementara Ayana Resort & Spa menyambut saudara barunya, Rimba Jimbaran (rimbajimbaran.com), November silam.

Armada ATR72-600 milik Garuda Indonesia.

5. Maskapai nasional kian agresif
Batavia Air berhenti beroperasi, tapi para koleganya justru makin sibuk berinvestasi. Usai meluncurkan kabin first class, Garuda Indonesia (garuda-indonesia.com) membidik destinasi turis yang sedang laris, seperti Sorong dan Labuan Bajo (memakai pesawat anyar ATR 72-600). Sriwijaya Air (sriwijayaair.co.id) membuka rute ke Dili, sedangkan Lion Air (lionair.co.id) melansir Malindo Air (malindoair.com) dan Batik Air (batikair.com).

Nikon AW110 yang tahan dibawa menyelam hingga 18 meter.

6. Kamera menyelam kian dalam
Tahun ini, hampir semua pabrikan kamera meluncurkan kamera yang sanggup membuat Anda berpikir ulang untuk membeli waterproof case. Dua yang paling impresif: Nikon AW110 (nikon.com) yang sanggup dibawa hingga kedalaman 18 meter, dan Olympus TG-2 (olympus-global.com) yang mampu menyelam hingga 15 meter. Dua lainnya yang juga impresif: Panasonic TS5 (13 meter, panasonic.com) dan Pentax WG-3 (14 meter, pentax.com).

Flying Nanny dari Etihad Airways.

7. Bibi ikut terbang
Saat sebagian maskapai berpikir menciptakan penerbangan bebas anak kecil, Etihad (etihad.com) justru memperkenalkan layanan baru yang mengurangi kecemasan orang tua saat bepergian bersama si buah hati: Flying Nanny. Dalam penerbangan jarak jauh, penumpang bisa memanfaatkan jasa awak kabin berseragam putih-jingga untuk mengasuh, menghibur, serta memastikan si kecil tidak membuat penumpang lain sakit kepala. Kru khusus juga tak kalah andal dibandingkan bibi di rumah, sebab mereka telah mendapatkan pelatihan seputar psikologi dan sosiologi anak dari Norland College.

Bersantai di Alila Purnama.

8. Hotel merambah tur pinisi
Wisata kapal pinisi awalnya dirintis oleh para penggila diving yang ingin menyambangi titik-titik selam terpencil di timur Indonesia. Operator hotel kemudian melirik bisnis tersebut sekaligus memperkenalkan standar pelayanan baru. Setelah Plataran (plataran.com) dan Alila (alilahotels.com), tahun ini Oazia meluncurkan Alexa (talikaoaziaprivatecruises.com), pinisi yang berkapasitas hanya dua penumpang.

Kastel-kastel kuno Hill Forts of Rajasthan, salah satu situs UNESCO Heritage Site terbaru.

9. 19 destinasi baru
UNESCO melansir 19 anggota baru dalam daftar elite Situs Warisan Dunia (whc.unesco.org), sekaligus menyuguhkan opsi destinasi segar bagi para pelancong ramah lingkungan dan turis sadar budaya. Beberapa contohnya: Situs Arkeologi Al Zubarah di Qatar, Bergpark Wilhelmshöhe di Jerman, Istana Golestan di Iran, serta Gunung Etna di Italia. Kendati tidak menempatkan wakil baru, Indonesia hingga kini masih menjadi negara dengan koleksi Situs Warisan Dunia terbanyak di Asia Tenggara. Tapi, sayangnya, salah satu situsnya (hutan hujan tropis Sumatera) ditempatkan dalam zona kritis oleh UNESCO dan diancam dicoret.

Salah satu armada Samoa Air yang menentukan bea atas berat badang penumpang.

10. Khusus wanita dan orang gemuk
Belevari Marine (belevari.com) menjadi operator tur kapal pesiar pertama yang menawarkan paket tur khusus kaum Hawa di kawasan Arab. Tujuannya adalah merespons kebutuhan spesifik konsumen muslimah yang mendambakan keleluasaan dalam menikmati lautan. Tentu saja, bukan cuma penumpangnya yang berjenis kelamin wanita, tapi juga kapten kapal dan seluruh krunya. Beda kasus, beda respons. Merujuk data WHO bahwa 86 persen warga Samoa kelebihan berat badan, maskapai Samoa Air (samoaair.ws) menerapkan aturan baru yang revolusioner: penumpang membayar bea sesuai dengan beratnya (akumulatif tubuh dan bagasi).

Comments