10 Alasan Baru ke Singapura

Suasana senja di Marina Bay (Foto oleh Visit Singapore).

Selain destinasi populer semacam Haji Lane, Marina Bay, atau Orchard, ternyata Singapura menyimpan lokasi-lokasi wisata yang masih tersembunyi. Kami memetakannya untuk referensi liburan Anda mendatang.

Teks dan foto oleh Muhammad Hafiz Abd Raub

Dengan luas menyamai Jakarta, dengan tiap jengkal tanahnya yang telah terpetakan, dengan tiap objek wisatanya yang telah terpampang di brosur, masihkah Singapura memiliki tempat yang tersembunyi dari radar turis?

Singapura adalah destinasi luar negeripertama bagi banyak orang Indonesia. Akan tetapi, negeri ini kerap diterjemahkan sebatas kombinasi antara mal dan taman rekreasi. Sirkuit turis jarang sekali menyimpang dari kawasan Orchard, Marina Bay, atau Sentosa. Padahal, sebagaimana Jakarta, Singapura terustumbuh, bergerak, melebar dan mencipta. Inovasi segar muncul hampir saban bulan.

Singapura mungkin tak mengenal istilah “tempat yang tersembunyi,” tapi ia pastinya memiliki banyak “tempat yang menanti ditemukan.” Saya mengumpulkan 10 di antaranya. Sebagai orang yang lahir dan dibesarkan di Singapura tapi menghabiskan sepertiga hidup di Indonesia, saya berharap rekomendasi saya memperlihatkan pemahaman yang memadai atas selera pelancong Indonesia.

Lanjutkan ke halaman selanjutnya untuk lihat daftar lengkapnya: >>



Comments

Related Posts

4815 Views

Book your hotel

Book your flight