Eksterior Kombi Rocks yang bergaya vintage (Foto oleh Kombi Rock).

Kombi Rocks
Singapura bukan tempat yang cocok bagi penggemar otomotif, kuliner, dan budaya rock & roll—kecuali jika Anda berkunjung ke Kombi Rocks. Dimulai pada 1971 sebagai restoran keluarga yang menjajakan menu oriental, tempat ini berubah menjadi wadah kongko yang menyatukan penggemar mobil, musik, dan kuliner. Ada banyak ornamen atraktif di restoran ini, termasuk Vespa tua dan Honda Monkey. Interiornya didesain untuk memanjakan pecandu Instagram.

Kendati demikian, magnet terbesarnya, setidaknya bagi saya, sebenarnya tersimpan di luar bangunan: lahan parkir berisi koleksi langka seperti VW Kombi, Lambretta, Chevy Impala, dan Porsche 944. Tamu boleh mencobanya. Membeli paket Joyride, kita bisa mengendarai mobil langka tersebut selama 30 menit, kemudian kembali ke restoran untuk menikmati masakan yang diracik memakai resep keluarga berusia 46 tahun. 66 Yio Chu Kang Road; 65/9008-6918; kombirocks.com.

Patung Tintin berukuran jumbo di Tintin Shop.
Kiri-kanan: Pintu masuk Tintin Shop; beragam suvenir yang jadi oleh-oleh favorit pengunjung Tintin Shop.

Tintin Shop
Tintin belum pernah ke Singapura dan wartawan investigasi bukan profesi yang seksi di negeri ini, jadi wajar jika banyak orang bertanya-tanya mengapa Tintin Shop pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara hadir di sini. (Toko sejenis terdapat di Jepang, Inggris, Spanyol, dan tentu saja, Belgia.) Tempat yang diresmikan pada 2010 ini adalah buah obsesi pengusaha Gabriel Tan. Tintin Shop menjajakan beragam pakaian, game, DVD, buku, dan segala yang terkait karakter fenomenal ciptaan Hergé tersebut. Salah satu zona di toko didedikasikan untuk memajang benda collectible yang langka, karena itu tidak dijual. 28 Pagoda Street, 65/8183-2210; tintin.sg.

Kiri-kanan: Interior Tamarind Hill yang elegan; area bar di Tamarind Hill.

Tamarind Hill
Restoran ini memiliki spesialisasi tradisi dapur Indocina. Masakannya dihidangkan di ruangan karismatik yang dihiasi sejumlah arca, kostum, dan manuskrip tua. Banyak orang memuji Tamarind Hill sebagai wadah terbaik untuk menikmati masakan autentik Thailand, tapi daya tariknya tak cuma tersaji di atas piring. Tamarind Hill bersemayam di sudut yang jarang terjamah turis, Labrador Nature Reserve. Restoran ini menempati rumah sepuh yang dirawat rapi. Bangunannya melemparkan ingatan saya ke masa-masa ketika saya dan teman gemar menelusuri rumah-rumah kolonial warisan para tuan berkulit pucat dari zaman penjajahan Inggris. 30 Labrador Villa Road; 65/6278-6364; tamarindrestaurants.com